Proses PAW, Tiga Kursi DPRK Abdya Kosong - MEDIA REALITAS

23219 KALI DIBACA

Proses PAW, Tiga Kursi DPRK Abdya Kosong

Proses PAW, Tiga Kursi DPRK Abdya Kosong
Foto, Plt Sekretaris DPRK, Salman SH

Blangpidie | Realitas – Sebanyak tiga kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) kosong tanpa ada penghuninya.

Pasalnya, ketiga mantan anggota dewan itu sudah ‘lompat pagar’ ke Partai Politik (Parpol) lain untuk nyalon kembali menjadi anggota legislatif pada Pemilu 2019 mendatang.

Saat ini, ketiga Parpol yang anggota dewannya telah minggat itu sedang dalam proses pengurusan Pergantian Antar Waktu (PAW) yang dituju ke Kantor Gubernur Aceh selanjutnya diproses oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh.

Plt Sekretaris DPRK Abdya, Salman SH, Rabu (10/10/2018) menyebutkan, sebenarnya ada empat anggota DPRK yang pindah ke partai lain untuk mencalonkan diri pada pemilu mendatang.

Satu diantaranya sudah siap surat keputusan (SK) dari Gubernur Aceh, tinggal melakukan pelantikan saja pada Kamis (11/10/2018) besok.

“Untuk Partai Nangroe Aceh (PNA) sudah siap SK nya, tinggal pelantikan saja, esok.

Dimana, Teuku Indra yang sebelumnya anggota dewan dari PNA pindah ke Partai Golkar untuk mencalonkan diri kembali.

PAW yang diusulkan Syarifuddin yang barada di Daerah Pemilihan (Dapil) II (Blangpidie, Susoh dan Jeumpa) yang saat ini sudah berubah menjadi Dapil I (satu),” sebutnya.

Sementara tiga Parpol lainnya, seperti Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Aceh (PA) dan Partai Gerindra sedang dalam proses pengusulan PAW.

Untuk anggota DPRK dari PKPI, Mukhlis AW sudah pindah ke PNA. Selanjutnya, DPK PKPI Abdya mengusulkan PAW kepada Zulkifli dari Dapil III (Setia, Tangan-Tangan, Manggeng dan Lembah Sabil ) yang saat ini sudah berubah menjadi Dapil II.

Sedangkan untuk anggota dewan dari PA, Syarifuddin sudah pindah ke Partai Demokrat.

Untuk mengisi kursi itu, DPW PA Abdya mengusul Masri dari Dapil II.

“Usulan kedua Parpol (PA dan PKPI) sedang di proses oleh Kesbangpol Aceh.

Kalau Partai Gerindra masih pembahasan di tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP),” ungkap Salman.

Dikatakan Salman, anggota DPRK dari Partai Gerindra, Zulkarnain sudah pindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PKB) untuk nyalon kembali dalam Pemilu 2019 mendatang dari Dapil I.

“Cuma sampai saat ini, kita belum tau siapa penggantinya nanti.

Kita tunggu saja hasil keputusannya kedepan,” demikian tuturnya. (Syahrizal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS