94219 KALI DIBACA

PPDB 2016 Dibuka 27 Juni

PPDB 2016 Dibuka 27 Juni

mediarealitas I Medan

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) dibuka pada 27 Juni-2 Juli 2016 baik tingkat SMP, SMA/SMK sederajat. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar usai rapat internal bersama Komisi B DPRD Medan, Rabu (15/6).
“Proses seleksi dimulai pada tanggal 11 Juli 2016. Tanggal 15 hasil seleksi diumumkan di masing-masing sekolah. Dan tanggal 16 pendaftaran ulang,” ujarnya dihadapan Ketua Komisi B Surianto didampingi anggota komisi HT Bahrumsyah dan Rajuddin Sagala.

Marasutan mengatakan, secara keseluruhan PPDB terdiri dari 70 persen syarat kecakapan umum (SKU), 20 persen bina lingkungan, dan 10 persen siswa miskin. “Kalau perihal prestasi murid datanya semua sudah ada sama kami. Jika pun ada prestasinya diluar lagi, itu hanya sebagai nilai tambahan,” bebernya.

Disebut dia, kapasitas setiap kelas antara lain; sekolah dasar (SD) 32 siswa, sekolah menegah pertama (SMP) 36 siswa, sekolah menengah atas (SMA) 38 siswa, sekolah menengah kejuruan (SMK) bidang ekonomi/bisnis, sekretariat 38 siswa, dan SMK program keahlian 30 siswa per kelas.

Marasutan dalam kesempatan itu berharap agar seluruh pihak termasuk Komisi B DPRD Medan tidak memakai istilah siluman, seperti pelaksanaan PPDB tahun sebelumnya. “Semua itu anak bangsa pak, mana ada siswa siluman,” ujarnya sembari tersenyum.

Dirinya berjanji akan melakukan pengawasan agar tidak terjadi hal tersebut (siswa titipan), bahkan permainan kuota siswa dan kecurangan lainnya “Gak ada yang kami tutup-tutupi. Semua jelas kok,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi B Surianto sebelumnya menyebutkan, formulasi PPDB 2016 yakni 70:10:20. “Seperti dijelaskan Pak Kadis tadi, 70 persen SKU, 10 persen Bina Lingkungan, dan 20 persen untuk siswa miskin,” kata Butong, sapaan Surianto.

Butong bilang, untuk rombel (rombongan belajar) ditiap kelas dan satuan pendidikan akan disampaikan pada hari ini, Kamis (16/6). “Kita sengaja bahas yang umum dulu agar diketahui bagaimana format penerimaan untuk tahun ini,” katanya.

Pihaknya, tambah dia, minta masyarakat dan semua pihak termasuk pers, untuk turut mengawasi pelaksanaan PPBD tahun ini. Ia berharap pelaksanaan tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. (rom)

Subscribe

MEDIA REALITAS