17019 KALI DIBACA

Polda Lampung Tangkap Tiga Dari Delapan Perompak Jarah Harta Nelayan

Polda Lampung Tangkap Tiga Dari Delapan Perompak Jarah Harta Nelayan
Pelaku Perompak Jarah Harta Nelayan di bawa ke Markas Polda Lampung

 

Lampung I Realitas  – Tiga dari delapan perompak kapal motor milik nelayan bubu rajungan yang beroperasi di perairan Tulangbawang dan Lampung Timur, digiring ke Markas Polda Lampung.

Tiga perompak yang diamankan petugas berinisial, SWR, alias CD, mYN dan DD, sedangkan lima DPO yang masih diburu berinisial, WW, GY, AN, PR dan NN.

Kapolda Lampung, Irjen Pol. Purwadi Arianto melalui Waka Polda Lampung, Brigjen Pol. Angesta Romano Yoyol mengatakan, tiga tersangka diamankan oleh petugas penegakkan hukum (Gakkum) dan petugas Patroli Ditpolair Polda Lampung.

“Aksi mereka telah membuat nelayan jaring bubu rajungan di wilayah perairan Tulangbawang dan Lampung timur resah,”kata Brigjen Pol Angesta, Jumat (14/9/2018).

Menurutnya, perompak beraksi sejak bulan Juli hingga Agustus 2018 lalu, “Mereka menggunakan sarana spead lidah mendatangi kapal nelayan bubu rajungan, kemudian mengancam menggunakan senjata tajam dan senjata api,” terang Waka Polda

Dibawah ancaman akan ditembak atau dilukai, nelayan terpaksa menyerahkan seluruh rajungan hasil tangkapan dan barang-barang berharganya kepada pelaku, setelah semua di pindahkan ke spead lidah, pelaku langsung kabur.

“Barang berharga seperti, GPS, Radio, dan Hanpone serta rajungan hasil rampokan itu dijual oleh tersangka. Uang hasil penjualan dibagi rata,” tutur Brigjen Pol Angesta.

Saat diintrogasi, ketiga perompak itu mengakui perbuatannya. “Kami menggunakan senjata api untuk mengancam nelayan agar tidak melawan, senjata itu kami pinjam dari seorang rekan, hasil rampokan itu kami jual dan mendapatkan uang sebesar Rp 60 juta, uang itu kami bagi rata,”ungkap Pelaku MYN dibenarkan oleh SWR dan DD.

Dari tersangka diamankan barang bukti berupa, 1 unit Sead Lidah bermesin tempel Yamaha 40 PK, 2 unit HP merk Nokia, 1 buah kampak, dan 5 buah kunci ring pas.(Feri)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS