Pohon Kelapa Dibuat Glodok Memancing Lebah Madu - MEDIA REALITAS

43019 KALI DIBACA

Pohon Kelapa Dibuat Glodok Memancing Lebah Madu

Pohon Kelapa Dibuat Glodok Memancing Lebah Madu
Roky Bupati Aceh Timur sedang memotong batang kelapa.

Aceh Timur I Realitas – Kegiatan yang dilakukan baik Lembaga Pemerintah serta Lembaga Swasta dalam upaya melakukan pembinaan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat telah dilakukan dengan berbagai upaya baik modal usaha pembinaan serta bimbingan dan pendampingan.

Forum Konservasi Leuser (FKL) bersama Puslitbang dari Pematang Siantar, selama dua hari melakukan training terkait dengan budidaya madu lebah liar jenis laneng, linot ( trigona) oleh karena kedua jenis tersebut banyak di temui di idi, acara dimulai dari hari Senin (23/07/2018) s/d Selasa (24/07/2018) bersama para santri Pesanten Alhuda didesa Seuneubok Tengoh kecamatan Darul Ikhsan kabupaten Aceh Timur.

Rocky Bupati Aceh Timur

Dalam acara tersebut turut di hadiri oleh Roky Bupati Aceh Timur, Aan Hasanuddin Puslitbang Pematang Siantar sebagai Narasumber, Drs.Bakhtiar ZA dan Andriansyah,Sp.MP dari FKL sebagai pelaksana.

“Untuk dapat memancing lebah liar kita menggunakan batang pohon kelapa yang kita tebang, lalu batang kelapa itu kita potong dengan ukuran variasi 1meter atau 1.20meter lalu batang kelapa tersebut kita belah dua dan kita kasih lubang dalam nya, itu untuk memancing lebah liar sehingga menghasilkan madu,”ungkap Aan Hasanudin dari Pusat Penelitian Pengembanga Lingkungan Hidup & Kehutanan(Puslitbang) Pematang Siantar.

Ditempat yang sama Bakhtiar ZA mengutarakan,”Budidaya madu ini sangat berguna dan meyakinkan untuk menambah pendapatan ekonomi masyarakat, yang berdampingan hidup dengan hutan berarti ada hutan, ada bunga, ada madu, ada air, ada ikan, ada padi ada kehidupan yang berkelanjutan,”ujar Bakhtiar ZA.(Hasbi Abubakar)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS