70619 KALI DIBACA

PMI Langsa Butuh 500 Kantong Darah Setiap Bulannya

PMI Langsa Butuh 500 Kantong Darah Setiap Bulannya

LANGSA – ACEH I MEDIA REALITAS – Ketersedian darah sangat urgen, apalagi hal itu menyangkut terhadap memfasilitasi akan  kebutuhan darah bagi warga dari tiga wilayah yaitu Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Kota Langsa.

Unit Donor Darah (UDD) milik Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa, Provinsi Aceh, sedikitnya membutuhkan 500 kantong darah per bulannya. Hal itu disampaikan Hengki Syah Jaya, Humas UDD PMI Kota Langsa, pada wartawan,  Kamis (18/1/18).

Namun demikian dikatakan oleh Hengki, stok darah untuk golongan A dan O kondisinya sedikit memperihatinkan, dikarenakan tingginya permintaan dari keluarga pasien terhadap golongan darah tersebut. 

“Belakangan ini sedikit meningkat permintaan darah untuk golongan A dan O, walau stoknya ada tapi terbatas,” ujarnya. Diterangkannya, terdapat 8 rumah sakit yang harus dicover, yakni untuk Kota Langsa, RSUD Langsa, RS Cut Meutia, RS Cut Nyak Dhien dan RS Umi.

Kemudian di Aceh Timur meliputi RSUD Zubir Mahmud, RS Rehab Medik Sultan Abdul Azis Peureulak, RS Graha Bunda, dan RSUD Karangbaru di Kabupaten Aceh Tamiang.

Hengki juga mengakui, partisipasi masyarakat Kota Langsa dan sekitarnya sebagai pendonor sangat tinggi. Kondisi tersebut menurutnya sangat mengembirakan semua pihak.  

Terbukti dengan antusiasnya pendonor baik secara langsung ke UDD maupun mengunjungi mobil UDD yang biasa parkir di tribun lapangan Merdeka, Langsa.

“Mobil UDD PMI selalu kami stanbykan di beberapa titik lokasi salah satu diantaranya bertempat di tribun lapangan Merdeka, masyarakat bisa mendonor darahnya di tempat tetsebut atau dapat langsung ke kantor UDD di Matang Seulimeng,” ucap Hengki.(JAM) 

Subscribe

MEDIA REALITAS