98419 KALI DIBACA

Pj.Walikota Serrahkan Penghargaan dan Hadia Inovator Sida Kota Medan

Pj.Walikota Serrahkan Penghargaan dan Hadia Inovator Sida Kota Medan

Medan | mediarealitas

Pj. Walikota Drs H Randiman, MAP diwakili Drs.Hasan Basri, MM menyerahkan penghargaan dan hadiah Kegiatan koordinasi dan Penguatan Inovasi Daerah (SIDa) Kota Medan. Kamis (19/11) di Hotel Grend Antares Jl.Sisingamaraja

Randiman, dalam arahannya yang dibacakan Hasan Basri mengatakan di era globalisasi segala sesuatu selalu dikaitkan dengan kekcanggihan untuk hampir semua elemen kehidupan masyrakat. Kecanggihan dari peralatan yang ada dan digunakan menggambarkan tingkat atau level kehiduan maupun level komsumsi yang lebih tinggi.

Untuk itu, produk-produk selalu dimodifikasi dan di update untk mengimbangi yang lama dana utnuk inilah dibutuhkan inovasi.

Dijelaskannya, Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru auntuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknolgi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi ( UU No.18 tahun 2002).

  Penguatan Sitem Inovasi merupakan program nasional melalui peraturan bersama Menteri Negara Riset  dan Teknologi RI dan Menteri dalam Negeri RI No. 03 tahun 2012 dan No.36 tahun 2012 , yang merupakan pilar dari sistem Inovasi nasional.

Randiman, berharap penguatan sistem Inovasi daerah kota Medan berusaha untuk mengupayakan iklim kebijakan yang kondusif untuk mendukung Penguatan Sistem Inaovasi di kota Medan serta merupakan perbaikan bersistem termasuk dalam aktivitas.

“Penelitian, Pemngembangan dan Perekayasan ( Litbangyasa)” beserta praktiknya, sehingga diharapkan memberikan manfaat nyata dan membawa pembangunan kota Medan yang semakin cerdas, kratif, inovatif, dan berprestasi sebagai pilar pembangunan nasional.”ujarnya

Sebelumnya, Edward Sembiring,S.Sos selaku Kepala Bidang Hukum dan politik dalam laporannya mengatakan, maksud dan ujuan pelaksanaan pemberian penghargaan dan hadiah serta seminar koordinasi dan penguatan sistem inovasi daerah kota Medan ini yakni, sebagai wahana untuk memperkuat pilar-pilar bagi penumbuhkembangkan kreativitas –keinovasian di kota Medan, Peningkatan kualitas dan pemanfaatan iptek dalam rangka mendukung daya saing secara global, Mendorong budaya ainaovasi, Menciptakan dan menguasai ilmu pengetahuan untuk menghasilkan teknologi, Pemanfaatan teknologi informasio dan komunikasi , dan  Mengupayakan peningkatan penguatan sistem inovasi di kota Medan.

Sedangkan manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini, melakukan dan mengoptimalkan peran penelitaian , pemagembangan dalam inovasi untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat khususnya kota Medan, dan p[emanfaatan potensi inovasi untuk menaingkatkan kesejahteraan amasyarakat Medan.                                                                                                  Peserta seminar ini dari bebrapa Perguran Tinggi Negeri dan swasta yang telah membuat kesepahaman dengan pemerintah kota Medan dan beberapa Perguruan Tinggi yang mungkin dapat menghasilkan inovasi, beberapa pusat Penelitian di kota Medan, beberapa SMK Negeri/Swasta di Kota Medan, seluruh SKPD dan Camat se Koata Medan.” Ungkap Edward.

Adapun penerima penghargaan dan hadiah diantaranya, Hasrul Abdi Hasibuan, Ijah dan Aga Prima Hardika, hasil inovasi : Produk Margaris berbahan Fraksi-fraksi Minyak Sawit dan Aplikasinya dalam Bolu Gulung pada skala Industri Kecil Menengah ( Pusat Penilitian Kelapa Sawit Jl.Brigjen Katamso Medan), Saipul Sihotang, Rabiah, Vikra Amanda, dan Poppy Rizky A.L, hasil Inovasi : Pemanfaatan Limbah Tongkol Jagung sebagai Biobriket Arang ( Universitas Medan Area), Ir.Zainal Abidin Nasution, hasil Inovasi : Aplikasi Teknologi Tepat Guna Pengolahan Serat Jaringan Vaskular Batang Kelapa Sawit sebagai bahan baku kertas ( Balai Riset dan Standarisasi Industri Jl.Sisingamangaraja Medan), Dra.Nurcahaya Nasution, hasil Inovasi : Canting Cap Batik Dalihan Natolu ( Letda Sujono Gg.Al Halim No.1 Medan). (LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS