45619 KALI DIBACA

Pj Wali Kota Kecewa Dinas Kebersihan

Pj Wali Kota Kecewa Dinas Kebersihan

example banner

Medan  | mediarealitas

                Penjabat Wali Kota Medan Drs H Randiman Tarigan MAP tampak kecewa saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Dinas Kebersihan Jalan Pinang Baris Medan, Jumat (9/10). Tiba sekitar pukul 07.45 WIB, Randiman tidak bertemu dengan Kadis Kebersihan Endar Sutan Lubis maupun kepala bidang (kabid) maupun kepala seksi (kasi).

                Mantan Kadis Pendapatan Kota Medan itu hanya disambut puluhan pegawai yang tampak kebingungan, sebab mereka tidak menyangka jika PJ Wali Kota datang menyambangi kantor yang mengurusi masalah sampah ini. Menurut pengakuan salah seorang pegawai, kadis belum datang, sebab apel pagi baru digelar pukul 08.00 WIB.

                Saat Randiman mempertanyakan keberadaan kepala bidang (kabid) dan kepala seksi (kasi) yang belum datang meski waktu apel jelang tiba, pegawai itu berdalih kabid dan kasi langsung ke lapangan untuk memantau proses pengangkutan sampah. Namun Randiman tidak percaya, sebab ia melihat beberapa truk pengakut sampah masih terpakir di halaman Kantor Dinas Kebersihan.

                “Apa betul mereka (kabid & kasi) langsung ke lapangan, kamu jangan berbohong. Bagaimana persoalan sampah bisa diatasi, masa waktu apel mau tiba kabid dan kasi belum datang. Jika tidak disiplin, bagaimana mungkin masalah sampah bisa diatasi. Padahal  kedisiplinan sangat terkait dengan kualitas kerja,” kata Randiman kecewa.

                Lantaran kadis, kabid dan kasi tidak berada di tempat, Randiman selanjutnya meninggalkan Dinas Kebersihan. Namun sebelum beranjak pergi, ia  berpesan kepada pegawai tersebut untuk menyampaikan kepada Kadis Kebersihan bahwasannya dirinya tadi datang untuk bersilaturahmi sekaligus sharing terkait masalah kebersihan.

                Dengan berjalan kaki, Pj Wali Kota selanjutnya menuju  lokasi perkantoran Dinas Pertamanan, Dinas Perhubungan dan Dinas Bina Marga yang lokasinya persis di sebelah Kantor Dinas Kebersihan. Namun saat melintas, Randiman kembali kecewa. Sebab, parit di belakang Terminal Pinang Baris atau tepat di depan Kantor Dinas Kebersihan dan Dinas Pertamanan dipenuhi tumpukan sampah bekas pemotongan pohon dan ban-ban bekas.

                “Bagaimana kita bisa memberi contoh yang baik kepada masyarakat jika parit di depan kantor pun dipenuhi sampah dibiarkan saja. Seharusnya untuk mengajak masyarakat untuk hidup bersih dimulai dari lingkungan kita sendiri.  Artinya, kita tunjukkan dulu kepada masyarakat bahwa kita (lingkungan perkantoran) bersih dan kita harus punya kemauan untuk itu. Kalau kita mau, tidak sulit untuk mengatasi masalah kebersihan ini,” ungkapnya.

                Dengan wajah masih dibiasi rona kekecewaan, Randiman selanjutnya bergabung dengan para pegawai Dinas Perhubungan, Dinas Bina Marga dan Dinas Pertamanan yang tengah apel pagi. Kadis Perhubungan Renward Parapat dan Kadis Bina  Marga Khairul Syahnan ikut dalam apel, sedangkan Kadis Pertamanan Zulkifli Sitepu belum datang.

                Dalam arahannya, Randiman mengajak seluruh pegawai di ketiga dinas untuk meningkatkan disiplin. Tanpa disiplin, kinerja yang dihasilkan dipastikan tidak maksimal. Untuk itu Randiman mengajak untuk belajar disiplin dari diri sendiri. Selain disiplin, ayah empat anak ini berpesan untuk selalu hidup bersih dan peduli dengan lingkungan di sekitar  lingkungan kerja maupun tempat tinggal.

                “Kalau ada sampah berserakan tolong dibersihkan. Jika ada tanaman, siram dan rawat. Sebab, filosofi tanaman ini sama seperti manusia, butuh perawatan dan kasih sayang agar dapat tumbuh dengan subur. Saya yakin jika kita semua peduli dengan kebersihan dan lingkungan sekitar, maka Kota Medan yang kita cintai ini akan bersih dan hijau,” ungkapnya.

                Usai menyampaikan  arahan, Pj Wali Kota kemudian meninjau Dinas Binas Marga, mulai lokasi perkantoran sampai lokasi gudang penyimpanan alat-alat berat maupun material untuk pengaspalan. Randiman berpesan agar peralatan itu digunakan untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur, terutama jalan sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat. Di samping itu dia pun menyarankan di kawasan itu dilakukan penghijauan agar lebih teduh dan hijau lagi.

                Saat melintasi halaman Kantor Arsip yang berada persis di belakang Dinas Bina Marga, Randiman menegur salah seorang pegawai. Sebab, halaman dipenuhi sampah berserakan dan bunga-bunga yang ada tidak terawat dan banyak yang kering. “Tolong sampah ini dibersihkan dan tanaman yang ada dirawat, sehingga kantor ini terlihat lebih indah,” tegurnya.

                Sebelum meninggalkan lokasi, Kadis Pertamanan Zulkifli Sitepu yang baru datang langsung menghampiri Pj Wali Kota. Randiman langsung memberikan arahan  untuk segera ditindaklanjuti, selain itu mantan Kadis Pertamanan ini juga menunjukkan sampah-sampah bekas pemotongan pohon yang berserakan di parit.

                “Seharusnya usai dilakukan penebangan, sampah-sampah sisa penebangan harus diangkat dan dibersihkan. Tidak dibiarkan seperti ini sehingga menyebabkan parit tersumbat. Apabila hujan turun, pasti air meluap sehingga menggenangi kawasan ini. Saya minta hal-hal seperti ini tidak dilakukan lagi” tegas Pj Wali kota.

                Terakhir, Pj Wali Kota menyambangi Kantor Camat Medan Sunggal. Di tempat itu Randiman berpesan agar camat, lurah dan seluruh staf untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama menyangkut pengurusan  KTP, KK maupun administrasi kependudukan lainnya. “Berikanlah pelayanan terbaik dan jangan pernah persulit warga!” pungkasnya.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS