24619 KALI DIBACA

Pj Wali Kota Buka Dialog Publik Dalam rangka Tahun Baru Hijriah

Pj Wali Kota Buka Dialog Publik Dalam rangka  Tahun Baru  Hijriah

example banner

Medan | mediarealitas

         Penjabat (Pj) Wali Kota Medan Drs Randiman Tarigan MAP mengapresiasi kegiatan Muzzakarah (Dialog Publik) bertemakan “Semangat Hijrah  Mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin”. Muzzakarah yang digelar dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharram 1437 H ini diharapkan  dapat menjadi bagian dari perubahan sikap dan pemikiran kita khususnya masyarakat Kota Medan.

       Apresiasi ini disampaikan Pj Wali Kota Medan ketika Membuka Muzzakarah yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Kamis (15/10), di Amaliun Hall. Turut Hadir Ketua MUI Kota Medan Prof Dr H Mohd Hatta dan Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah kota Medan serta para pimpinan ormas Islam.

       Menurut Randiman, selain dapat menguatkan peran MUI di tengah – tengah masyarakat, pertemuan ini juga dapat menjadi bagian dari perubahan baik sikap dan pemikiran kita semua dalam memandang kota medan yang kita cintai bersama ini.

      “Muzzakarah dengan tema ini saya pandang sebagai bagian dari upaya MUI dan kita semua dalam memberikan penceragan pemikiran mengenai bagaimana seharusnya kita bersikap sebagai Ummat Muslik yang Rahmatan Lil Alamin”, kata Pj Wali Kota.

      Dijelaskan Randiman, kesadaran melalui berbagai dialog -dialog sangat diperlukan untuk membuka cakrawala berfikir dalam memahami bagaimana seharusnya sikap dan tindakan kita yang memberikan rahmatan kepada alam sekitar. Jika kesadaran tersebut terwujud, diyakini Islam sebagai agama terbaik dapat memberikan rahmat di dalam kehidupan kita semua.

     “Saya mendukung kegiatan yang digelar oleh MUI kota Medan,  disamping memang sudah menjadi peran MUI dalam mensosialisasikan ajaran agama kepada khalayak khususnya ummat Muslim, MUI juga mendukung visi misi Kota Medan. Selain saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya dalam mewujudkan Kota Medan sebagai Kota yang memiliki tingkat religius yang tinggi dan sebagai kota percontohan kerukunan umat beragama di Indonesia”, ungkap Randiman.

      Mantan Kadispenda Kota Medan ini selanjutnya mengajak masyarakat Kota Medan untuk tetap menjaga kerukunan dan ketentraman umat beragama, jangan sampai terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti kejadian yang terjadi di Provinsi Aceh.

” saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Medan untuk bersama – sama menjaga keamanan dan ketertiban serta kerukunan sesama umat beragama, sebab Medan saat ini menjadi kota percontohan di Indonesia dengan kerukunan Ummat beragamanya, mari kita jaga bersama”, imbaunya.

      Ketua MUI Kota Medan Prof Dr H Mohd Hatta dalam sambutannya mengatakan MUI kota Medan melalui Program kerjanya terus melakukan diskusi publik untuk membangun masyarakat kota Medan yang Rahmatan Lil Alamin. Seperti saat ini digelar Muzzakarah dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharram, guna mengajak masyarakat untuk berhijrah.

   “Kegiatan ini digelar bertujuan untuk bagaimana kita menonjolkan  konsepsi -konsepsi Islam secara menyeluruh. Sebab membangun masyarakar itu harus menggunakan prinsip nilai – nilai Islam. Sehingga dengan begitu akan terwujud peradaban secara keseluruhan seperti dengan cara berfikir, bersikap dan bertindak”, jelasnya.

     Menurut Hatta, jika hal itu dapat dilakukan maka, kota Medan dapat menjadi kota contoh teladan bagi masyarakat kota lainnya. Sebab Sudah merupakan tugas MUI dalam membangun kualitas keumattan agar bisa menjadi contoh yang baik bagi umat lainnya.

      Muzzakarah ini digelar dalam rangka peringai tahun baru Islam 1 Muhharam 1437 Hijriah, dengan semangat hijrah diwujudkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Adapun yang menjadi narasumber dalam Dialog ini adalah Prof Dr H Mohd Hatta, Dr H Hasan Matsum MAg, M Syukru Albani Nasution. Peserta terdiri dari beberapa organisasi Islam di Kota Medan.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS