126619 KALI DIBACA

Pimpinan DPRD Medan Dukung Pansus Reklame Iswanda Ramli: Agar Terang Benderang dan Lebih Baik

Pimpinan DPRD Medan Dukung Pansus Reklame Iswanda Ramli: Agar Terang Benderang dan Lebih Baik

Medan | mediarealitas

Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli, SE mendukung penuh terbentuknya panitia khusus (pansus) reklame yang digagas para anggota DPRD Medan. Pansus diharapkan dapat bekerja maksimal menelusuri dugaan penyimpangan izin dan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi reklame.
 
“Biar terang benderang, apa dan dimana masalahnya. Karena reklame semakin menjamur, sementara PAD sangat minim, bahkan nihil tahun 2014 lalu. Terbentuknya pansus sangat tepat, sehingga ke depan, reklame dapat tertata bagus dan PAD dapat meningkat signifikan,” ujar Iswanda Ramli (Nanda) kepada wartawan, Rabu (9/9).        
 
Sama halnya dengan dugaan ketidakharmonisan sesama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yakni Dinas Pertamanan dan Dinas Tata Ruang Tata Bangunan (TRTB) Pemko Medan sehingga berdampak buruk penurunan PAD. Iswanda menekankan agar SKPD dimaksud segera berkordinasi. Diharapkan jangan karena masalah pribadi sehingga kepentingan umum menjadi terabaikan.
 
Seperti diketahui, awal buruknya penanganan reklame di kota Medan bermula dengan terbitnya Peraturan Walikota Medan (Perwal) No 17 Tahun 2014. Dimana sebelumnya seluruh masalah reklame ditangani Dinas Pertamanan, namun setelah terbitnya Perwal 17, reklame seperti Biboard/bando dan sejenisnya ditangani Dinas TRTB. Sedangkan umbul umbul dan spanduk ditangani Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) sedangkan papan merek oleh Dinas Pendapatan.
 
Namun saat peralihan wewenang dimaksud, terkesan ada yang dirugikan bahkan kurang berterima. Sehingga, masalah penertiban izin dan data peralihan banyak yang dimanipulasi. Tentu saja kinerja dinas tampak melemah dan terkesan ada pembiaran bagi reklame yang menyalah.
 
Untuk itu, Iswanda berharap kinerja pansus nantinya dapat menghasilkan sebuah rekomendasi penyelesaian masalah reklame. Baik itu rekomendasi evaluasi terhadap kinerja SKPD mapun peninjauan kembali Perwal No 17. “Sangat dimungkinkan jika wewenang masalah perizinan dan pengawasan reklame untuk ditinjau kembali,” terang politisi Golkar ini seraya mengharapkan pansus dapat bekerja secepatnya.
 
Seperti diketahui, DPRD Medan melalui rapat paripiurna kemarin (8/9) telah membentuk pansus reklame. Anggota dewan yang tergabung Pansus reklame yakni Drs Daniel Pinem dan Roby Barus (PDI P), Ilhamsyah, Sabar Surya Sitepu dan T Eswin (P Golkar), Surianto, Sahat Simbolon dan Godfried Lubis (Gerindra), Herri Hutajulu dan Parlaungan Simangunsong (Demokrat), Salman dan M Nasir (PKS), Abd Rani dan Zulkifli Lubis (PPP), Ahmad Arif dan Zulkarnain (PAN), Landen Marbun dan Ratna Sitepu (Hanura), Deni Maulana Lubis dan Beston Sinaga (Panas).(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS