93219 KALI DIBACA

Pewaris Raja Keturunan Kerajaan Aceh Gelar Zikir Akbar

Pewaris Raja Keturunan Kerajaan Aceh Gelar Zikir Akbar

Banda Aceh I Realitas – Forum Silaturahmi pewaris keturunan kerajaan Aceh akan menggelar Zikir Akbar doa bersama, untuk arwah para Sultan, Raja Habaih, Ulama, serta seluruh masyarakat.

Acara akan digelar di lokasi sejarah kompleks Istana Darul Makmur (makam Sultan Djohan Syah), gampong pande, Kuta Raja, Banda Aceh, Minggu, 6 Mei 2018.

Ketua panitia pelaksana Teuku Raja Saifullah juga sebagai pewaris keturunan Raja dari Meurehom Daya menyatakan, Zikir akbar dan doa bersama dilakukan dalam hal mengambil tuah untuk keramaian, keadilan, kemakmuran serta kebahagiaan kerajaan bangsa Aceh zaman dahulu.

Acara tersebut juga merupakan rasa terima kasih kita kepada endatu telah mendahului kita.

Gampong Pande tersebut merupakan kawasan kerajaan Islam Aceh zaman dahulu. Maka para pewaris raja akan menggelar zikir, doa bersama dan ziarah, mereka ingin melestarikan makam leluhur dan ulama Aceh. Ujar Teuku raja Saifullah

“Para pewaris raja nantinya akan melakukan zikir di lokasi bekas berdirinya kerajaan Islam Aceh karena disitu banyak makam para raja, ulama bahkan bangsawan,”.

Zikir Akbar doa bersama nantinya juga akan diikuti seluruh pewaris raja keturunan kerajaan di Aceh diantaranya, Teuku Raja Saifullah Raya Meurehom Daya, Teuku Mahliyuni Raja Binuang Sibadeh A. Selatan, Teuku Raja Nasruddin Raja Negeri Kuala Batee, Dr Husaini Ibrahim Pakar Sejarah serta Ulama Aceh Tgk Tajuddin atau yang akrab di sapa Tengku Abi Lampisang akan memimpin zikir Akbar tersebut.

“Dijadikan gampong pande Kuta Raja merupakan cikal bakal raja kerajaan Aceh, maka pewaris Raja keturunan kerajaan Aceh, ulama terpanggil untuk menggelar zikir dan doa bersama karena disitu terdapat makam ulama kerajaan Aceh,” Kata Teuku Raja Saifullah.

Saifullah menambahkan acara tersebut nantinya akan diikuti oleh seluruh pewaris raja keturunan kerajaan Aceh, unsur forkopimda alim ulama, tokoh masyarakat Aceh, acara itu juga direncanakan akan menjadi acara tahunan pewaris para Raja-Raja keturunan Kerajaan Aceh.

Sementara sejarawan dan arkeolog Aceh Dr Husaini lokasi zikir Akbar dan doa bersama nantinya di Gampong Pande salah satunya lokasi dimana paling penting karena di lokasi tersebut terdapat makam Raja dan ulama Kerajaan Islam Aceh zaman dahulu. (Sabri Yusuf )

Subscribe

MEDIA REALITAS