37619 KALI DIBACA

Pendekatan Napi dan Para Penjaga, Keberhasilan Rehabilitasi

Pendekatan Napi dan Para Penjaga, Keberhasilan Rehabilitasi

Langsa I Realitas – Lapas merupakan tempat untuk melaksanakan pembinaan terhadap narapidana, dalam masa pembinaan atau rehabilitasi, narapidana memang betul-betul di bimbing, ditunjukkan kearah yang lebih baik dari sebelummya agar tidak mengulangi kesalahan yang merugikan hidupnya.

“Mereka bukan hanya sebagai tampungan saja, tetapi mereka  kita didik, kita bimbing, kita beri mereka pembelajaran,” kata Kalapas Agus Mulyono. Bc.IP,SE,MH melalui Kasubsi Keamanan dan Ketertiban Nazaryadi S.K.M, SH,MH kepada wartawan di Lapas Narkotika III Langsa, Senin (13/8/2018).

Dalam proses pembinaan narapidana,  harus mampu menjalin hubungan baik dengan setiap napi supaya mudah dalam proses rehabilitasi terhadap mereka.

Hal itu yang dilakukan oleh kabag-kabag dan para staf di lapas Narkotika III langsa, dari hasil pengamatan wartawan, para penjaga Lapas mereka tidak enggan untuk bergabung dengan napi-napi tersebut untuk sekedar sharing dan berbagi pengalaman.

 

“Mereka (para penjaga) sangat dekat dengan kami, ketika sore hari kami diberi luang waktu seperti, olahraga hingga bercocok tanam,”ujar salah seorang napi.

Dengan melakukan pendekatan terhadap narapidana, maka mudah dijalankan proses rehabilitasi.

“Rehabilitasi tak sekedar memberi arahan dan bimbingan saja, kedua itu tidak akan berjalan, apabila kita tidak mampu untuk menjalin hubungan serta komunikasi yang baik dengan mereka,”ujar Nazar.

“Pendekatan antara napi dan para penjaga itu perlu, karena kunci keberhasilan rehabilitas, disitu,”tambahnya.

Selain itu, para napi yang melanggar, pihak lapas tak langsung memberi sanksi, melainkan, diberi peringatan beberapa kali serta dibimbing kembali agar mereka mau merubah sikapnya tadi.

“Napi yang melanggar, kita kasih peringatan, mereka kita beri arahan dan bimbingan, namun jika diulang berulang kali, pihak lapas akan memberi sanksi berupa  pemindahan ketempat lain,”tutup Nazaryadi.(Feri)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS