48919 KALI DIBACA

Pemko Medan Kaji Pengembangan Wista Kota

Pemko Medan Kaji Pengembangan Wista Kota

Medan  | mediarealitas

            Pengembangan wisata kota akan menjadi prospek yang menjanjikan dimasa yang akan datang, karena pariwisata sebagai industri dan diharapkan berfungsi sebagai katalisator dalam pembangunan, untuk itulah pemerintah Kota Medan melalui Timnya yang tergabung dalam Dewan Riset melakukan kajian pengembangan wisata terhadap sejumlah kawasan yang potensial untuk dikembangkan menjadi objek wisata, tim  telah melakukan kajian selama 3 bulan mulai Sept sampai November 2015,  dan kajian ini diseminarkan yang dsigelar di ruang rapat II balai Kota Medan, Kamis (8/10), guna mendapat masukan.

            Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Hasan Basri mengatakan kemajuan dan kesejahteraan yang semakin tinggi telah menjadikan pariwisata sebagai bagian pokok dari kebutuhan atau gaya hidup manusia dan menggerakkan jutaan manausia untuk mengenal alam dan budaya serta kawasan-kawasan dunia lainnya.

            Menurutnya, kedukan sektor pariwisata sebagai salah satu pilar pembangunan semakin menunjukkan posisi dan peran yang sangat penting sejalan dengan perkembangan dan kontribusi yang diberikan, baik dalam pemerimaan pendapatan daerah, pengembanagan wilayah, penyerapan investasi dan juga tenaga kerja.

            “ Pengembangan wisata kota akan menjadi trend menarik dimasa depan, berdasarkan alasan yang rasional, namun demikian potensi yang bagus akan lebih berhasil jika dapat dikembangkan dan dikelola dengan majemen kota yang terintegrasi dalam konsep totalitas produk wisata yang saling terkait dengan yang lainnya, “ ujar Hasan Basri.

            Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Balitbang Tri Ratih Handayani menjelaskan tujuan seminar penelitian ini untuk mengetahui potensi dan upaya pengemabngan pariwisata urban heritage yang ada di Kota Medan, selain itu untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Kota Medan guna menjadikan Kota Medan sebgai destinasi wisata. Para Tim peneliti adalah tenaga ahli dari Program Studi Pariwisata FIB USU dan UNIMED., dengan peserta seminar adalah pimpinan SKPD terkait. (LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS