41019 KALI DIBACA

Pembangunan Kesehatan Merupakan Peran Serta Semua  

Pembangunan Kesehatan  Merupakan Peran Serta Semua   

example banner

Medan | mediarealitas

                Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-51 Kota Medan tahun 2015 digelar di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (24/11). Melalui peringatan yang mengusung tema,  ‘Anak Medan Cinta sehat, Siap Membangun Medan Kita’ ini diharapkan dapat meningkatkan semangat, kepedulian dan gerakan nyata untuk pembangunan kesehatan di Kota Medan.

                Perhelatan ini dihadiri sekitar 2.500 peserta yang berasal dari seluruh kepala puskesmas dan puskesmas pembantu, dokter da dokter gigi puskesmas se-Kota Medan, lurah, dokter kecil, dokter remaja dan kader kesehatan, institusi pendidikan kesehatan, pimpinan rumah sakit, organisasi profesi, LSM, media dan masyarakat.

                Sebelum acara puncak ini digelar, telah diselenggarakan sejumlah perlombaan seperti lomba pemilihan tenaga medis dna paramedic teladan, lomba pidato dokter remaja, lomba menggambar dan mewarnai tema HKN, lomba cerdas cermat dokter kecil, lomba balita dan ibu hamil sehat, lomba penyuluhan kader posyandu serta lomba fashion remaja.

                Di samping itu juga digelar sejumlah kegiatan ilmiah berupa seminar kesehatan bagi masyarakat awam dan tenaga medis, serta bakti social dan pameran kesehatan. Selain beberapa rumah sakit dan puskesmas Kota Medan, seluruh kegiatan juga digelar di Dinas Kesehatan Kota Medan. Sumber dana seluruh kegiatan berasal dari sumbangan dan partisipasi sponsor  yang tidak mengikat.

                Penjabat Wali Kota Medan, Drs H Randiman Tarigan MAP diwakili  Sekda Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis mengatakan, tujuan khusus peringatan digelar untuk menyampaikan pesan bahwa pembangunan kesehatan di Kota Medan merupakan peran serta semua sebagai generasi anak Medan, mulai  dari bayi, balita, anak, remaja, dewasa serta lanjut usia.

                “Selain itu juga kegiatan ini untuk mengingatkan kembali bahwa kesehatan itu harus dijaga dengan cara bergaya hidup sehat, serta berpartisipasi aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” kata Sekda.

                Dalam kesempatan itu, Sekda juga menyampaikan sejumlah pesan yang disampaikan  Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof dr Nila Farid Moeluk Sp.M (K) dalam pidato tertulisnya untuk menjadi perhatian, diantaranya pendekatan pembangunan kesehatan berbasis continuum of care dari mulai ibu hamil, bayi dan balita, anak usia sekolah dan remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia.

                Kemudian pembangunan kesehatan harus lebih didorong pada aspek-aspek promotif dan preventif tanpa melupakan aspek kuratif rehabilatif, melalui pendekatan keluarga. Selanjutnya diperlukan kerjasama baik lintas program maupun lintas sektyor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat  maupun yang lainnya sebagai bentuk tanggung jawab bersama akan mas adepan bangsa.

“Serta menumbuhkan semangat Revolusi Mental di jajaran kesehatanberupa peningkatan integritas, etos kerja dan selalu bekerja bergotong royong dalam memberikan pelayanan yang lebih baik,” imbuh Sekda.

Usai membacakan pidato tertulis Menteri Kesehatan, Sekda selanjutnya bersama  Ketua TP PKK Kota Medan, Ny H Suriati Randiman Tarigan, Kadis Kesehatan, Usma Polita, Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga mengunjungi satu persatu  stand. Sebelumnya, Ketua TP PKK melepaskan balon untuk memeriahkan HKN Kota Medan tersebut.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS