40219 KALI DIBACA

Panwaslu Minta Dukungan Pemko Medan Tertibkan APK

Panwaslu Minta Dukungan  Pemko Medan Tertibkan APK

example banner

Medan I mediarealitas

Panwaslu Kota Medan menertibkan alat peraga kampanye (APK) di dua Kecamatan Medan Perjuangan dan Medan Timur, Senin malam (19/10). Setelah itu penertiban APK dilanjutkan kembali di 3 kecamatan yaITU Medan Kota, Medan Barat dan Medan Petisah, Selasa malam (201/10). Selain  di luar yang dibuat Komisi pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, APK yang ditertibkan ini pemasanmgannya di luar titik-titik yang telah ditetapkan KPU.

                Demikian terungkap ketika  Pimpinan Panwas Pemilihan Kota Medan, Henry Sitinjak SH didampingi Marcel Sinaga SH (staf Panwas Medan) melakukan koordinasi dengan Asisten Pemerintahan Setdakot Medan, Musadat Nasution  di Balai Kota Medan, Selasa  petang (20/10).

                Dalam melakukan penertiban APK seperti billboard, baliho, spanduk dan umbul-umbul, jelas Henry, Panwaslu harus minta bantuan Pemko Medan karena minimnya sarana dan prasarana serta personel. Terutama, ketika menertibkan APK dalam bentuk baliho maupun billboard sehingga diperlukan  mobil tangga.

                “Jadi kedatangan kita kemari untuk berkoordinasi sekaligus minta bantuan Pemko Medan dalam menertibkan APK yang melanggar ketentuan di seluruh kecamatan. Sebab, Pemko Medan memiliki sarana dan parasana yang mendukung. Untuk itulah kita minta difasilitasi dalam melakukan penertiban APK tersebut,” kata Henry.

                Menurut Henry, penertiban APK dilakukan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wakli Kota Medan pada 9 Desember mendatang. Selain kelancaran, Panwas ingin menunjukkan kepada masyarakat mereka bersikap netral. Karenanya, setiap APK yang bertentangan dengan keputusan KPU langsung ditertibkan.

                “Usai melakukan penertiban APK, kita langsung melakukan evaluasi terkait penertiban yang telah dilakukan sehingga penertiban lebih baik lagi. Setelah di 5 kecamatan, kita akan melakukan penertiban di kecamatan lainnya sehingga tidak ada APK yang bertentangan dengan keputusan KPU,” ungkapnya.

                Aspem Setdakot Medan, Musadat Nasution didampingi Kakan Kesbangpolinmas Ceko Wakhda Ritonga dan Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Noval Zein, menyatakan siap mendukung penertiban APK yang dilakukan Panwaslu.

                “Kita sifatnya hanya membantu, yang melakukan penertiban APK langsung Panwaslu. Bantuan ini kita berikan karena Panwaslu minim personel dan peralatan. Untuk itu dalam membantu penertiban, kita akan menutunkan peralatan seperti yang diminta Panwaslu. Selain peralatan, kita juga menurunkan camat, lurah, kepala lingkungan, petugas satpol PP dibantu dengan petugas Babinsa dan Babinkantibmas,” jelas Musadad.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS