18019 KALI DIBACA

Muslizar : Linmas Ikut Bertanggung Jawab Amankan TPS

Muslizar : Linmas Ikut Bertanggung Jawab Amankan TPS
Foto: Realitas/Syahrizal Personel Linmas Abdya mengikuti apel kesiapan pengamanan TPS sekaligus penyerahan penugasan Linmas kepada Polres Abdya di halaman kantor bupati setempat, Selasa (9/4/2019).

Blangpidie | Realitas – Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar MT mengatakan kalau Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ikut bertanggung jawab untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat hari pemilihan legislatif, dewan perwakilan daerah (DPD) dan Presiden/Wakil Presiden.

“Tenaga Linmas harus siap dan siaga, ketikan proses pencoblosan berlansung di TPS, jangan pernah meninggalkan tugas sebelum pemungutan suara, karena Linmas juga ikut bertanggung jawab mengamankan TPS,” ungkapnya dalam apel kesiapan pengamanan TPS sekaligus penyerahan Linmas kepada Polres Abdya di halaman kantor Bupati setempat, Selasa (9/4/2019).

Dikatakan Muslizar, Pemilu merupakan sarana demokrasi untuk mewujudkan kadaulatan rakyat, dan harus diselenggarakan lebih berkualitas dengan partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya serta dilaksanakan dalam suasana kondusif yang diwarnai dengan situasi dan kondisi yang tertib, aman dan tentram.

Maka dari itu, peran aktif Linmas sangat menentukan jalannya Pemilu nantinya.

Pelaksanaan Pemilu di Abdya tahun ini perlu didukung dengan kesiapan yang mantap dan akurat, baik teknis maupun perangkat Linmas yang profesional, sehingga masyarakat yang berhak memilih dapat menyalurkan aspirasi politik dengan aman, tenang dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

Sebelum ditugaskan ke lapangan, 854 Linmas ini telah disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk ikut melaksanakan kegiatan memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, termasuk melaksanakan penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu.

“854 Linmas akan mengamankan 427 TPS yang tersebar dalam 152 desa di Abdya. Setiap TPS akan ditugaskan sebanyak dua Linmas,” paparnya.

Kepada para Linmas Muslizar mengingatkan, bahwa menjadi seorang anggota Linmas merupakan amanah yang harus dijaga dengan penuh kesungguhan, dan niat yang timbul secara alamiah sebagai pilihan moral dan panggilan jiwa, serta sikap bela negara yang akan tetap timbul, bahkan terus berkembang dengan situasi yang mungkin kurang mendukung dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Saat bertugas nantinya, para Linmas akan berhadapan dengan pemilih yang beragam tingkah serta pola pikirnya, jadi bertugaslah dengan penuh tanggung jawab, berikan rasa aman dan nyaman kepada para pemilih, tugas ini mungkin lebih berat dari Pilkada, sebab Pemilu kali ini mungkin akan memakan waktu yang lebih lama,” demikian tuturnya.

Kegiatan itu juga turut dihadiri forum komunikasi pimpinan kabupaten (Forkompinkab), Sekda Drs Thamrin, Ketua KIP Abdya Sanusi berserta komisioner lainnya, Panwaslih, para asisten, kepala Satuan Kerja Perangka Kabupaten (SKPK), camat serta unsur terkait lainnya. (Syahrizal/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS