19219 KALI DIBACA

Miliki Sabu Dan Ganja, Dua Warga Abdya Digelandang Polisi

Miliki Sabu Dan Ganja, Dua Warga Abdya Digelandang Polisi
Foto: Realitas/Syahrizal Polisi memperlihatkan kedua tersangka beserta barang bukti di ruang Sat Res Narkoba Polres Abdya, Rabu (10/4/2019).

Blangpidie | Realitas – Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menggelandang dua warga yang kedapatan memiliki tiga bungkus paket sabu dan satu bungkus ganja kering di Desa Bineh Krueng, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya, Selasa (9/4/2019) sore sekira pukul 15.30 WIB.

Kedua tersangka itu masing-masing berinisial HRJ (32) warga Lhok Pawoh, Kecamatan Manggeng dan SYT (38) warga Bineh Krueng, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya.

Dari tangan mereka polisi menyita tiga peket sabu seberat 0,43 gram dan ganja kering seberat 18,53 gram.

Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK kepada wartawan, Rabu (10/4/2019) menjelaskan, informasi adanya transaksi narkoba di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sudah tercium lama oleh pihak kepolisian.

Namun, pihaknya belum menemukan adanya barang bukti sehingga harus mengintai penggerakan para tersangka diseputar TKP.

“Meski dengan proses yang agak lama, namun kita sukses membekuk kedua tersangka yang sedang melakukan transaksi sabu beserta ganja di TKP,” ungkapnya.

Pada saat keduanya akan melakukan transaksi, tim Opsnal Res Narkoba langsung melakukan penggerebekan.

Walau keduanya sempat melarikan diri, namun upaya tersebut dapat digagalkan setelah melakukan pengejaran.

Dari tersangka SYT ditemukan dua paket sabu yang sengaja dibuang pada saat berupaya kabur dari kejaran polisi.

Kemudian polisi menemukan satu paket sabu lainnya di TKP setelah dilakukan penggeledahan berikut satu paket ganja kering yang kemungkinan akan dijual oleh tersangka.

“Hasil test urine, kedua tersangka positif mengkonsumsi zat yang mengandung methafethamine (sabu) dan cannabenoid (ganja),” terangnya.

Saat ini, polisi masih memintai keterangan lebih lanjut dari keduanya terkait kepemilikan barang haram tersebut.

“Untuk barang bukti dan tersangka sudah diamankan. Kita sedang melakukan penyelidikan untuk ditingkatkan ke tahap penyidikan,” tutur Kapolres Basori.

Lebih lanjut dikatakan Kapolres Basori, kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 111 (1) Jo Pasal 132 (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat enam bulan dan paling lama 12 tahun.

“Setelah berkas perkara ini selesai, kita akan limpahkan ke pihak kejaksaan untuk ditindaklanjuti hingga ke pengadilan,” demikian ujarnya. (Syahrizal/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS