52919 KALI DIBACA

Lasungkan Pernikahan Dimesjid Baiturrahim, Begini Alasan Kohati HMI Langsa

Lasungkan Pernikahan Dimesjid Baiturrahim, Begini Alasan Kohati HMI Langsa

Langsa | Realitas – Masjid selain tempat ibadah kini menjadi trendy impian ladis melangsungkan akad nikah, yang merupakan syarat wajib dalam proses atau upacara perkawinan.

Di Langsa sendiri ada masjid yang telah menjadi saksi pernikahan sepasang insan manusia, salah satu masjid yang menjadi incaran leadis Millenial Now serta alasan calon pengantin memutuskan memilih tempat akad nikah.

Berbeda hal sosok wanita muda ini, Alfi Syahrin (25) warga Desa Alue Teh Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur juga aktif di Korps Himpunan Mahasiswa Islam Wati (Kohati) alasannya pilihan Akad Nikah di masjid saat diwawancara Media Realitas, Rabu (19/12/2018).

Akad nikah merupakan ikrar pernikahan dan akad nikah juga ijab yang dilakukan pihak wali perempuan dan qabul dari pihak calon suami hanya berlaku untuk agama Islam saja.

“Sudah lama menjadi impian untuk menikah di masjid, akhirnya terlaksana dan terkabulkan,” tutur Mahasiswa IAIN Langsa.

Namun, untuk melangsungkan akad nikah selain dilaksanakan di rumah, Kantor Urusan Agama (KUA) atau tempat apa saja yang baik-baik, ternyata akad nikah juga bisa dilaksanakan di Masjid.

“Kita menentukan pilihan, terutama disamping itu sunnah juga dari segi keindahan dan bersih, proses administrasi pengurusan mudah dan lancar,” ujar Alfis.

Mayoritas ahli ilmu berpendapat bahwa akad nikah di masjid itu sunnah, berdasarkan hadits yang mereka gunakan sebagai dalil dan adanya manfaat dengan dilakukan di masjid.

“Dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah (37/214), mayoritas ulama menganjurkan akad nikah dilakukan di masjid agar mendapatkan barakah, dan diketahui masyarakat,” terang Kohati HMI Cabang Langsa ini.

Sekilas Masjid Baiturrahim menjadi incaran ladis di Kota Langsa, Masjid Baiturrahim menjadi salah satu masjid yang mendapat pengaruh Timur Tengah yang dapat dilihat dari kubahnya yang banyak seperti Masjid Baiturrahman di Banda Aceh dan Ahmed di Istanbul, Turki, Masjid Baiturrahim sendiri memiliki keistimewaan dari lokasinya yang strategis di lintas utama Langsa dan Aceh Timur beralamat di Jalan Jendral Ahmad Yani, Stadion, Kota Langsa.

Wanita ini mengutarakan mengapa pilihan masjid Baiturrahim, ternyata masjid ini sering di kunjungi usai mengikuti perkuliahan sebelum pulang kerumahnya.

“Usai perkuliahan kerap menunaikan shalat di masjid ini, Saya memajatkan doa, akad nikah berlangsung di sini, Alhamdulillah terkabulkan,” kata Alfis.

Pantauan awak media Akad nikah berlangsung hikmat dibacakan M. Affas Edward Penghulu Kota Langsa, Selasa (18/12/2018).

Seraya mengingatkan kedua pasangan Hermansyah bin Sulaiman, Juga PNS tinggal asal Kota Langsa bersama Alfi Syahrin Binti Aminnullah warga Aceh Timur, menjadi pasangan yang sakinnah mawaddah warahmah, (Intan).

Subscribe

MEDIA REALITAS