407519 KALI DIBACA

Lama Dinantikan, Brigjen Pol Supriyanto Tarah Jabat Wakapolda Aceh

Lama Dinantikan, Brigjen Pol Supriyanto Tarah Jabat Wakapolda Aceh
Brigjen Pol Drs. Supriyanto Tarah MM

BANDA ACEH I MEDIA REALITAS – Akhirnya dengan do’a dan keinginan masyarakat aceh dan alim ulama Brigjen Pol Drs. Supriyanto Tarah MM yang akrab di sapa Yanto Tarah kembali bertugas di Tanah Rencong sebagai Wakil Kepala Polisi Daerah (Wakapolda) Aceh.

Kembalinya yanto tarah  bertugas di aceh sesuai dengan surat telegram Kapolri Nomor: ST/16/I/2018 tanggal 5-1-2018 yang beredar di kalangan wartawan dan jajaran kepolisian .

Yanto tarah merupakan salahsatu perwira tinggi polri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Penanganan Kejahatan Kekayaan Negara di Kementerian Koordinator Politik,Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam),terhitung sejak tanggal 5 Januari 2018 ditunjuk menggantikan Brigjen Pol Bambang Soetjahyo.

Dalam catatan redaksi, Yanto tarah kelahiran 4 November 1962 di Bojonegoro, Jawa Timur, bagi masyarakat aceh yanto tarah adalah sosok pimpinan polisi yang sangat dekat dengan segala komponen masyarakat.

Pada saat aceh masih dilanda konflik bersenjata yanto tarah pernah menjabat sebagai Kapolres Bireuen pada tahun 2005 hingga tahun 2007,bagi masyarakat bireuen dan aceh utara khususnya memiliki penilaian tersendiri terhadap sosok yanto tarah yang regelius dan ramah senyum.

Yanto kemudian bertugas dengan jabatan barunya sebagai Wadir Intelkam  Polda Aceh hanya setahun lamanya dari tahun 2007 hingga tahun 2008, karier yanto perlahan mulai menanjak hanya setahun di Polda Aceh kemudian di tunjuk sebagai Kabid Deputi V Kamnas KemenkoPolhukam sejak tahun 2008 hingga tahun 2012.

Empat tahun tahun menjabat Kabid Deputi V Kamtibmas, Yanto dipercayakan menjabat Asdep Deputi V Kamtibmas KemenkoPolhukam hingga 2017  dan tahun 2018 Kapolri mempercayakan yanto tarah menjabat sebagai Wakapolda Aceh.

Teuku Sayed Azhar salah satu warga Aceh Utara sangat bersyukur kepada Allah atas kembalinya yanto tarah bertugas di aceh, bagi sayed hal ini sudah lama di inginkan dirinya dan masyarakat aceh,disamping yanto tarah merupakan salahsatu perwira polisi saat konflik yang berani dan siap mengorbankan nyawa serta anak istri demi menjalankan tugas sebagai abdi negara.

“ Alhamdulillah jika beliau telah jadi wakapolda aceh,ini sudah lama saya dan masyarakat inginkan,kalau tidak salah sejak tahun 2016 saya ingin beliau kembali ke aceh, beliau layak jadi orang nomor satu atau dua di Polda Aceh karena saat konflik beliau berani ambil resiko bawa anak dan istri bertugas ke aceh karena beliau menganggap itu semua adalah tuntutan sebagai abdi negara “,ungkap sayed yang bersyukur atas kembalinya Yanto Tarah ke Aceh.

” Selamat Datang Bapak Brigjen Yanto Tarah, sebagai Wakapolda Aceh, masa Beliau kapolres Bireuen penuh Kenangan manis untuk warga Bireuen dengan dedikasi tegas Dan displin beliau sangat disegani,  warga Bireuen begitu dekat dengan polisi daya tarik silaturahmi nya beliau yang masih membekas Kenangan manis untuk warga Bireun, selamat bertugas Jenderal,  semoga kehadiran bapak akan menjadi sejarah tinta emas untuk Aceh tercinta “,ungkap Saifullah dalam akun facebooknya.

Brigjen Drs Supriyanto Tarah, MM yang dihubungi wartawan melalui sambungan telepon selulernya,Minggu (7/1/2018), mengatakan jika dirinya belum mengetahui jika dirinya telah ditunjuk sebagai wakapolda aceh,namun pria yang ramah senyum ini mengatakan akan selalu siap menjalankan tugas dimana dan kapan saja  apalagi ke aceh dirinya mengatakan seperti kembali ke kampung halaman.

“ Oh saya belum tahu, semoga saja benar itu informasinya karena jika benar saya pulang kampung, sudah lama sekali saya tinggalkan aceh,apalagi disana masih ada guru agama saya abu tumin,saya rindu sekali sama beliau,namun pada dasarnya saya siap ditugaskan dimana saja apalagi di Aceh “,ujar yanto tarah di seberang telepon dengan nada datar.

Sementara itu pihak Polda Aceh belum dapat dihubungi serta belum dapat memberikan keterangan terkait adanya mutasi ataupun pergantian salahsatu pimpinan polda aceh.(RED)

Subscribe

MEDIA REALITAS