Kuliah Dosen Tamu Program Studi Ilmu Hukum Universitas Samudra Langsa. - MEDIA REALITAS

14419 KALI DIBACA

Kuliah Dosen Tamu Program Studi Ilmu Hukum Universitas Samudra Langsa.

Kuliah Dosen Tamu Program Studi Ilmu Hukum Universitas Samudra Langsa.

Langsa I Realitas – Kuliah Dosen Tamu Program Studi Ilmu Hukum Samudra Langsa, disampaikan oleh dua Dosen USU Medan, Dr. Mahmud Mulyadi, S.H.,M.Hum dan Dr.Jelly Leviza, S.H.,M.Hum, diruang pertemuan Unsam Langsa Rabu (19/9/2018).

Semua produk baik yang selama ini di disampaikan didepan umum maupun tulisan yang di tuangkan ke media massa maupun dikuliah ini sudah termasuk hak cipta, ujar Jelly, dihadapan dosen Fakultas Hukum dan Ratusan Mahasiswa Fakultas Hukum.

Lebih lanjut Jelly, menambahkan hak cipta dan hak paten harus didaftarkan.

Hak cipta itu ada ranahnya masing-masing tidak ada hak Paten atau hak Cipta yang tidak didaftkan semuanya harus didaftarkan.

Mahasiswa harus hati hati mengutip baik untuk kepentingan skripsi maupun jurnal atau kepentingan kalau dikutip harus menyebutkan sumber nya, ujar Jelly lagi.

Hak cipta dan UU No. 28.tahun 2024 tentang hak cipta, hak cipta merupakan kekayaan intelektual dibidang ilmu pengetahuan, seni Dsn sastra.

Hak cipta adalah hak Ekslklutif pencil yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif.

Hak cip terdiri atas hak moral dan hak ekonomi, ujar Jelly.

Perlindungan hak cipta atas ciptaan di atas berlaku selama 50 tahun sejak pertama kali dilakukan pengumuman.

Hak paten UU No 14/2016 tentang paten, paten adalah hak Eksklusif yang diberikan negara kepada Inventor atas hasil invensinya di teknologi.

Sementara itu Dr. Mahmud Mulyadi S.H.,M. Hum, Putuskanlah putusan hukum karena kita adalah hakim perpanjangan tangan Tuhan.

Hakim adalah perpanjangan tangan Tuhan maka setiap putusan yang diambil oleh hakim harus lebih hati-hati, tidak boleh putusan itu di intervensi oleh raja atau oleh pihak manapun.

Lebih lanjutnya Mahmud Mulyadi menjelaskan, pada dasarnya kekahatan itu tidak ada, siapa yang menciptakan kejaran dan kebaikan, ini adalah yang susah di dicerna oleh semua pihak.

Kuliah dosen tamu juga dihadiri oleh pimpinan Fakultas dan Dosen Fakultas Hukum, Unsam Langsa.

( H  A Muthallib )

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS