41219 KALI DIBACA

KM Harapan Makmur Membawa 12 Orang Warga Negara Myanmar Etnis Budha Burma Tiba Di Pelabuhan Idi

KM Harapan Makmur Membawa 12 Orang Warga Negara Myanmar Etnis Budha Burma Tiba Di Pelabuhan Idi

Aceh Timur | Realitas – Kedatangan KM. Harapan Makmur dengan di Nahkodai oleh Azhari, 30 thn, Pekerjaan Nelayan, Alamat Gampong Gureb Blang, Kecamtan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur yang membawa 12 (Dua belas) orang ABK kapal muatan kayu (Kargo) warga negara Myanmar Etnis Budha Bama yang tenggelam di laut akibat ombak besar (Badai), di perairan perbatasan Indonesia-Thailand dengan Kordinat 740 LTU – 9538 LTS di Pelabuhan Kuala Idi, Gampong Blang Geulumpang hari ini Rabu 19 Desember 2018.

Kronologis kejadian tersebut Pada 16 Desember 2018, saat KM. Tabina yang di Nahkodai sdr. Husaini mencari ikan di antara perbatasan Negara Indonesia Thailand, melintas kapal yang bermuatan barang (Kargo), pada saat itu kondisi cuaca buruk ombak besar (Badai) tiba-tiba kapal muatan barang (Kargo) menghilang dan tenggelam di terjang ombak dan para ABK nya hanyut menuju ke arah perairan Indonesia, karena melihat kejadian tersebut yang lokasinya tidak jauh dari mereka lalu tekong KM. Tabina sdr. Husaini berusaha memberikan pertolongan kepada para ABK yang hanyut tersebut.

Pada saat itu karena kondisi cuaca buruk ombak besar dan KM. Kabina jenis boat yang kapasitas muatanya hanya 5 (Lima) orang, sementara ABK kapal Kargo yang tenggelam 12 (Dua belas) orang sehingga Tekong KM. Tabina, takut terjadi hal yang sama dan berusaha mencari bantuan ke kapal yang lebih besar dan ketika itu tidak jauh dari lokasi berjumpa dengan KM. Harapan Makmur dengan Tekong sdr Azhari lalu kemudian ke 12 (Dua belas) orang ABK tersebut di pindahkan ke KM. Harapkan Makmur.

Karena cuaca buruk ombak besar dengan menempuh perjalanan selama 3 (Tiga) hari, KM. Harapan Makmur dan ABK kapal yang tenggelam baru sampai di Pelabuhan Kuala Idi pada 19 Desember 2018 dan langsung para ABK di bahwa ke Kantor Pol Airud Idi Rayeuk untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Adapun nama – nama 12 (Dua belas) orang ABK warga Negara Myanmar antara lain:
1. Kyaw Soe umur 50 thn
2. Shwe Htoo Moung umur 65 thn
3. Thart Zin Soe umur 28 thn
4. Thaing Zow umur 44 thn
5. Atar Do umur 25 thn
6. Tun Kyi umur 57 thn
7. Nay Lin Tun umur 25 thn
8. Aung Ko Hein umur 21 thn
9. Nine Maya umur 18 thn
10. Ye Yaint Kyaw umur 20 thn
11. Nyi Nyi Lin Tun umur 21 thn
12. PnyoThura Soe umur 24 thn

Mereka para ABK kapal yang tenggelam warga negara Myanmar Etnis Budha Burma, dan bukan warga negara Myanmar dari etnis Rohingnya tujuan kapal barang (Kargo) yang tenggelam dengan nama kapal MV. Htoo Anna War,yang bermuatan kayu yaitu Penang Negara Malaysia.

Saat ini para ABK di bahwa ke Mapolres Aceh Timur dan menunggu pihak imigrasi Langsa guna penyelidikan lebih lanjut.Demikian di laporkan dari pelabuhan Idi. (Hasbi Abubakar/iqbal)

Subscribe

MEDIA REALITAS