101419 KALI DIBACA

KKR Perjuangkan Hak Korban Warga Aceh

KKR Perjuangkan Hak Korban Warga Aceh
Komisioner KKR damai Aceh Masthur saat menyampaikan kuliah umum di IAIN Langsa, Selasa (12/12).

Langsa Aceh I Media Realitas-Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) damai Aceh bekerjasama dengan IAIN Langsa melaksanakan kuliah umum berkaitan dengan peran KKR yang hadir akan memperjuangkan hak-hak para korban warga Aceh, di Aula Seuramoe Kampus IAIN Langsa, Selasa (12/12).

Komisioner KKR Aceh, Masthur Yahya, MH dan Fuadi, M.Si, menyampaikan hal tersebut dihadapan 300 lebih peserta dari kalangan dosen, staf dan mahasiswa IAIN Langsa provinsi Aceh.

“Bagaimana perjalanan KKR selama ini dimana hari ini peran dan fungsi lembaga KKR terus berupaya memperjuangkan hak-hak korban di Aceh,” ujar Masthur.

Dalam perjalannya, Masthur, menjelaskan bahwa sejak dilantik 24 Oktober 2016 lalu komisioner KKR Aceh sudah resmi bekerja disebuah sekretariat kantor KKR Aceh pada bulan Juli 2017 yang lalu. Aktivitas KKR Aceh sedang berjalan secara bertahap, yang pertama adalah penataan alat kelengkapan kantor dan kelengkapan administrasi lainnya layaknya sebuah lembaga atau sebuah organisasi yang baru dibentuk.

Kemudian menyiapkan berbagai peraturan internal dan prosedur kerja KKR untuk 6 kelompok kerja. KKR juga baru melaksanakan perekrutan anggota pokja untuk membantu komisioner dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“KKR juga hingga kini juga terus mensosialiasikan kepada semua kalangan masyarakat, secara individu maupun lembaga, seperti tokoh informal masyarakat, ulama, tokoh adat, akademisi, dan komunitas korban konflik itu sendiri,” papar Masthur.

Kendati demikian, untuk kelancaran tugas KKR juga membangun kerjasama dengan lembaga terkait tingkat Nasional, seperti Komnas HAM, Komnas Perempuan, dan LPSK.

Sambungnya lagi, KKR juga membangun kesepahaman dan sosialisasi dengan institusi militer negara RI (TNI/Polri) di Provinsi Aceh dan sedang menjalin komunikasi dan sebaran informasi ke instansi pemerintah yang terkait dengan kelompok kerja KKR.

“KKR mulai melakukan kegiatan pengungkapan kebenaran dengan pengambilan pernyataan korban konflik di beberapa Kecamatan di kabupaten Pidie, Aceh Besar, Aceh Selatan. KKR dalam menjalankan tugasnya selalu dibantu dan dipantau oleh berbagai komunitas atau organisasi masyarakat sipil yang ada di Aceh maupun nasional, seperti Kontras, LBH, Paska, SEIA, Jari, dan AJAR,” pungkas Masthur. ( hai).

Subscribe

MEDIA REALITAS