34219 KALI DIBACA

Kankemenag Abdya diminta Jaga Sinegitas dengan Pemerintah Daerah

Kankemenag Abdya diminta Jaga Sinegitas dengan Pemerintah Daerah
Wabup Abdya, Muslizar MT didampingi Kepala Kankemenag, Drs H Arijal MA menyerahkan bingkisan penghargaan kepada pensiunan PNS dan ahli waris PNS di lingkup Kemenag setempat, Rabu (3/1).Foto: Media Realitas/Syahrizal

example banner

BLANGPDIE | MEDIA REALITAS-  Media Realitas – Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar MT meminta Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Abdya terus menjaga sinergitas yang telah terjalin erat selama ini dengan pemerintah daerah. Menurutnya, sinergitas tersebut harus dipertahankan dan terus ditingkatkan demi kemajuan daerah.

Katanya, selama ini Kankemenag Abdya telah berbuat banyak dalam membantu program-program pemerintah daerah terutama dalam bidang keagamaan. Jadi sinergitas ini terus dijaga selamanya, dan kami berharap seluruh guru di lingkungan Kemenag dapat mengarahkan siswanya agar memiliki minat baca yang tinggi, ungkap Muslizar saat menjadi inspektur Apel Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama (Kemenag) ke-72, Rabu (3/1) di Lapangan Pantai Perak, Kecamatan Susoh.

Dihadapan unsur forum komunikasi pimpinan kabupaten (Forkompinkab), kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), ratusan PNS di lingkup Kankemenag Abdya serta para pelajar, Wabup Muslizar menekankan, untuk kedepan program pembangunan akan disamaratakan dan tidak memandang apakah instansi tersebut merupakan instansi vertikal dan sebagainya.

Terlebih, persoalan yang ditangani Kankemenag Abdya merupakan persoalan ummat yang menyangkut dengan keagamaan serta sejumlah madrasah dari berbagai tingkatan yang telah lama berdiri tegak merupakan tempat putra-putri  Abdya menimba ilmu dunia dan akhirat.

“Jadi sangat penting jika arah pembangunan mencakup juga lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, ungkap Muslizar.

Yang belajar disitu juga anak-anak Abdya, bukan anak-anak pegawai Kemenag saja. Untuk itu, selama kami masih dipercayakan untuk memimpin Abdya pemerataan pembangunan tetap menjadi prioritas, ujarnya yang disambut gemuruh tepuk tangan para peserta apel.

Secara singkat, Kepala Kankemenag Abdya, Drs H Arijal, MA dalam kesempatan itu mengatakan, HAB ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Kemenag. Dimana, 72 tahun silam, tepatnya 3 Januari 1946, pemerintah atas usul dari Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) membentuk Kementerian Agama dan mengangkat Menteri Agama yang pertama yaitu Haji Mohammad Rasjidi. Pembentukan Kementerian Agama merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara religius yang nasionalis.

Dalam rangka memeriahkan HAB ke 72 ini, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti pengayoman terhadap Masjid hingga aksi donor darah yang dilaksanakan usai apel berlangsung. Arijal berkomitmen tetap mendukung program pemerintah daerah di bidang keagamaan dan siap menjadi pelopor agar berkembangnya budaya yang agamis di kabupaten Abdya.

Amatan wartawan, meski sempat diguyur hujan, serangkaian kegiatan peringatan HAB ke-72 di Abdya tetap berjalan, mulai dari apel pengibaran bendera, donor darah yang bekerjasama dengan BFLF dan UTD RSUTP Abdya, penyerahan bingkisan penghargaan kepada pensiunan dan ahli waris pensiunan PNS di lingkup Kemenag Abdya serta sejumlah suguhan kesenian dalam rangka memeriahkan peringatan HAB. (Syahrizal)

Subscribe

MEDIA REALITAS