35219 KALI DIBACA

Kakanwil Kemenkumham Aceh Lantik Kalapas Dan Karutan Aceh

Kakanwil Kemenkumham Aceh Lantik Kalapas Dan Karutan Aceh
KAKANWIL KEMENKUMHAM ACEH H.Agus Toyib,Bc.IP,SH,MH

Banda Aceh I Realitas – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh H.Agus Toyib,Bc.IP,SH,MH melakukan pelantikan dan sumpah jabatan Kepala UPT Pemasyarakatan Aceh dan pejabat administrasi bertempat di Aula Kantor Wilayah Aceh, Selasa (28/8/2018).

Pejabat yang dilantik tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : SEK-27.KP.03.03 Tahun 2018 tanggal 16 Agustus 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari Dan Dalam Jabatan Administrasi di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

 

Adapun 7 (tujuh) pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya antara lain Davy Bartian sebagai Kalapas Kelas II B Kuala Simpang, Fahyudi sebagai Kalapas Kelas II B Kutacane, Yusrizal sebagai Kalapas Kelas III Narkotika Langsa, Baharuddin sebagai Karutan Kelas II B Bener Meriah, serta tiga pejabat administrasi yaitu Baharuddin sebagai Kasubbid Pembinaan Bimbingan Pemasyarakatan dan Pengentasan Anak pada Kantor Wilayah,  Yossi Yulia sebagai Kasi Adm Kamtib Lapas Banda Aceh dan Sulaiman Kasubbag Umum pada LPKA Banda Aceh.

Kepala Kantor Wilayah H.Agus Toyib dalam sambutannya meminta kepada para Kalapas dan Karutan yang baru dilantik agar melaksanakan tugas sesuai ketentuan yang berlaku, mengelola SDM yang ada dengan baik, dan tenaga CPNS yang ada bisa dimaksimalkan untuk menutupi kekurangan SDM yang ada di UPT, oleh karena itu Kakanwil minta agar dibina mereka dengan baik,”Harap Kakanwil.

 

Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan bahwa pimpinan kementerian bapak Menteri Hukum dan HAM dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan menginginkan di Lapas dan Rutan tidak ada lagi penyimpangan karena hal tersebut berdampak pada institusi Kementerian dan Kantor Wilayah secara umum, lepaskan kepentingan-kepentingan dalam tugas, kita harus bangun pemasyarakatan yang lebih baik,”Tegas Kakanwil H.Agus Toyib.

Menurut Kakanwil, selama ini banyak masyarakat yang belum paham SOP dan regulasi yang berlaku di UPT, oleh karena itu tugas Ka UPT untuk melakukan sosialisasi, merenspon masalah dengan baik, melakukan komunikasi dengan baik agar masyarakat memahami ketentuan dan SOP yang berlaku di UPT Pemasyarakatan.

Kakanwil minta pada seluruh pejabat yang baru dilantik agar terus belajar dan meningkatkan pengetahuan, tidak ada lagi pelanggaran yang sengaja dilakukan dalam tugas,”Ujar Kakanwil Kemenkumham Aceh H.Agus Toyib.

Kakanwil Kemenkumham Aceh juga menyampaikan bahwa selama ini masih ada kesalahan dalam pelaksanaan asimilasi terutama narapidana narkoba tidak boleh diberikan asimilasi, jangan memberikan kesempatan asimilasi pada narapidana narkoba, banyak prasangka buruk pada jajaran Pemasyarakatan selama ini, Ka UPT agar membina bawahannya untuk bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kita harus bekerja sesuai aturan dan tidak memberikan toleransi pada kasus narkoba,”Tambah Kakanwil.

Kakanwil sangat mengharapkan agar Lapas dan Rutan yang diganti kepemimpinannya ada angin segar dalam membenahi UPT nya, pelajari karakteristik ditempat kita bekerja baik narapidananya, pegawai maupun masyarakat lingkungannya, segera beradaptasi dengan lingkungan kerja kita.

Kakanwil menyampaikan ada 2 hal yang harus dilakukan oleh Ka UPT yang dilantik dalam waktu 10 hari yaitu arahkan pegawai dan arahkan narapidana agar mereka tau kebijakan pimpinan, dalam menghadapi masalah Ka UPT harus quickrespon, ada kejadian seketika dan laporkan seketika juga, sering kontrol, berani menghadapi resiko, buang image negatif, pertahankan dan jaga yang sudah bagus, selama ini diharapkan Ka UPT harus amanah dan tidak berkhianat pada kepercayaan pimpinan,”Tegas Kakanwil dalam sambutannya.

Kakanwil Aceh H. Agus Toyib dalam sambutannya menyampaikan bahwa dinamika perubahan dan dampaknya pasti ada di UPT, kalau ada intervensi dari pihak-pihak tertentu untuk melakukan pelanggaran laporkan dengan cepat pada pimpinan di Kantor Wilayah baik pada Kakanwil maupun Kadivpas, bila menghadapi masalah selesaikan masalah tersebut cepat dan tepat, bangun koordinasi dengan baik dengan Forkopimda, laksanakan kewajiban dengan baik dalam tugas kita,”Pungkas Kakanwil.

Khusus kepada ibu-ibu Dharma Wanita Kakanwil mengharapkan agar memberikan dukungan pada tugas suami karena tugas para suami sangat berat,”Tutup Kakanwil Kemenkumham Aceh H.Agus Toyib,Bc.IP,SH,MH.

Selesai pelantikan dilaksanakan serah terima jabatan dari Plt.Kalapas Kelas III Narkotika Langsa Agus Mulyono kepada Yusrizal dan dari Plt. Karutan Bener Meriah Sayed Misran kepada Baharuddin, sedangkan serah terima jabatan Kalapas Kualasimpang dan Kalapas Kutacane yang baru dilantik dilaksanakan di UPT masing-masing dalam waktu dekat.

Hadir pada acara pelantikan dan sumpah jabatan pejabat administrasi tersebut Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Divisi Administrasi, Ketua Dharma Wanita Pengayoman Kanwil Kemenkumham Aceh, para Kalapas dan Karutan Banda Aceh sekitarnya serta pejabat administrasi dan pelaksana pada Kantor Wilayah Aceh.(M.Nazar)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS