44619 KALI DIBACA

Kajian Potensi Parkir Di Kota Medan Diseminarkan

Kajian Potensi Parkir Di Kota Medan Diseminarkan

Medan | mediarealitas

Retribusi parkir merupakan salah satu komponen penyumbang Pendapatan  Asli Daerah (PAD) pemerintah Kota Medan,  untuk mengoperasionalkan penanganan parkir di Kota Medan perlu perencanaan yang lebih detail, mencakup perencanaan dan indikator program tahunan dalam mengembangkan pelayanan terhadap masyarakat di Kota Medan.

Hal ini dikatakan Pj Walikota Medan diwakili Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Drs Hasan Basri, saat membuka seminar akhir Kajian Potensi Retribusi Parkir di Kota Medan, Selasa (10/11) di balai Kota Medan, para peserta Dewan Riset Kota Medan, para pimpinan SKPD terkait, para Camat, dan Dinas Perhubungan Kota Medan.

Hasan Basri berharap dengan seminar ini nantinya mampu menjawab permasalahan seperti besarnya pengaruh kontribusi retribusi Parkir terhadap PAD Kota Medan, bagai mana potensi penerimaan Retribusi Parkir, dan faktor apa saja yang menjadi kendala pemungutan Retribusi Parkir, apakah penentuan target atau anggaran Retribusi parkir didasari oleh jumlah potensi yang ada.

“ Pemerintah Kota Medan terus mengoptimalkan sumber penerimaan melalui pajak dan retribusi daerah, pendapatan asli daerah merupakan hasil dari optimalisasi daerah dalam memanfaatkan kekayan daerahnya sendiri, retribusi parkir merupakan salah satu komponen penyumbang PAD, “ ujar Hasan Basri.

Menurutnya, untuk mengatasi permasalahan yang timbul perlu dilakukan kajian atau identifikasi agar dapat mengetahui besarnya pengaruh kontribusi Parkir terhadap Kota Medan, selanjurtnya dikembangkan agar permasalahan-permasalahan yang ada perlu ditangani guna pengembangan titik lokasi parkir dimasa yang akan datang , menyusun rencana umum untuk pengembangan titik lokasi parkir juga harus merumuskan rencana strategis dan program titik lokasi parkir jangka pendek, menengah dan panjang dengan membandingkan antara potensi, target/anggaran dan realisasi parkir.

Kepala Bidang Ekonomi dan Kuangan Daerah Balitbang Toga Aruan SE melaporkan, seminar ini merupakan seminar aklhir dimana seminar pertama memberikan masukan yakni perlunya format baru untuk mengatur sistem perparkirran yang dibuat Dinas Perhubungan, menata lokasi parkir agar tidak menimbulkan kemacatan, perlunya dibangun taman parkir, dan percepatan ranperda parkir yang masih dibahas di badan Legislasi DPRD Medan. Nara sumber dari UISU  Ir Hamidun Batubara, Sofyan SE dan Safrida SE

Subscribe

MEDIA REALITAS