26419 KALI DIBACA

Kades Seunagan Timur Ikuti Sosialisasi Teknis Pembuatan KTP, KK Dan Akte

Kades Seunagan Timur Ikuti Sosialisasi Teknis Pembuatan KTP, KK Dan Akte
Para Peserta Kades dalam lingkup Kecamatan Seunagan Timur Mengukuti Teknis Pembuatan KTP, KK dan Akte di Gedung Serbanguna Seunagan Timur, Selasa (11/12/2018).(Muji Burrahman)

Nagan Raya | Realitas – Sebanyak 34 kepala deda dalam Kecamatan Seunagan Timur Kabupayen Nagan Raya mengikuti Tentang Teknis Pembuatan KTP, KK dan Akte yang dilaksanakan oleh dari Dinas Kependudukan dan catatan Sipil di Gedung Serbanguna Seunagan Timur, Selasa (11/12/2018).

Dalam kegiatan tersebut di hadiri dua pemateri dari Dukcapil yakni Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran kepundudukan Fia Sativa SE dan Kepala Bidang pelayanan pencatatan Sipil, Marwar SE,Ketua Penitia Sofyan Sarung SE yang juga Sekretaris Dinas serta Camat Seunagan Timur Saiful Bahri.

Dalam Hal ini Camat Seunagan Timur Saiful Bahri mengharapkan kepada Kades dalam lingkup Seunagan Timur agar dapat mengikuti teknis ini agar nanti bisa mengerti dalam pembuatan KTP dalam desa dan hal ini perlu kita pahami bersama.

Karena selama ini banyak penduduk dalam desa yang masih belum mengerti tentang penggunaan KTP KK dan apalagi akte.

Dengan adanya Sosialiasi ini dapat memberikan kepada masyarakat dalam pembuatan KTP dan lainnya.

Sementara Ketua Panitia yang juga Sekretaris Dinas Dukcapil Nagan Raya Sofyan Sarung SE menjelaskan ini adalah Program Nasional dalam Gerakan Indonesia Sadar Adm kependudukan (Gisa) di Kabupaten yaitu tentang masalah teknis pembuatan KTP, KK, Akte, Kegunaan KK agar masyarakat tahu kepengurusan tidak terlalu sulit dalam pembuatan KTP atau KK dan tidak juga kegunaan ini untuk menghindari calo.

Sofyan menambahkan, namun perlu diingatkan, dalam pembuatan KTP KK dan Akte sangat lah mudah seperti membuat akte cukup membawa surat keterangan lahir dari dokter atau bidan, akta nikah KK yang sudah terdaftar sebagai anggota keluarga, KTP ke orang tua ataupun wali, paspor bagi WNI, surat pernyataan tanggung jawab mutlak serta tidak terpenuhi akta nikah atau kutipan.

Untuk akte yang rusak agar dapat di urus di dinas Dukcapil tempat berdomsili dengan membawa kutipaan akte kelahiran yang rusak.Sedangkan kutipan yang hilang contohnya cukup membawa surat keterangan hilang dari polisi dan foto copy kutipan akte.(MJ/iqbal)

Subscribe

MEDIA REALITAS