77419 KALI DIBACA

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polisi Siaga di Jalur Lintas Abdya

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polisi Siaga di Jalur Lintas Abdya
Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc menyematkan tanda pita kepada salah satu personel dalam Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Rencong dihalaman Mapolres setempat, Kamis (21/12)./Foto: Media Realitas/Syahrizal

Blangpidie|Media Realitas -Jelang Hari Natal dan Tahun Baru 2018, puluhan personel Polres Aceh Barat Daya (Abdya) disiagakan untuk memberikan pengamanan dan pelayanan di sepanjang jalur lintas wilayah kabupaten setempat dalam rangka Operasi (Ops) Lilin Rencong yang serentak dilaksanakan mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai 01 Januari 2018.

Pengamanan itu ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Rencong di halaman Mapolres Abdya, Kamis (21/12) yang lansung dipimpin Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc dan Iptu Amri Chaniago sebagai komandan ops yang turut dihadiri Kajari Abdya, Abdur Kadir SH MH, Ketua DPRK Abdya Zaman Akli dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam apel tersebut, Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK MSc membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yang intinya untuk selalu mengantisipasi gangguan kamtibmas dalam bentuk terorisme, termasuk mewaspadai konflik yang berbau keagamaan dan idiologi.

Selanjutnya, Kapolri juga meminta kepada seluruh jajarannya untuk menyiapkan sejumlah strategi agar arus mudik dan balik selama libur Natal dan Tahun Baru berjalan aman dan lancar.

Usai pelaksanaan Apel, Kabag Ops AKP Awang Bayu SH didampingi Kasat Lantas Iptu Adek Taufik SIK dan Kasat Shabara Iptu Amri Chaniago, menjelaskan, dalam Ops Lilin Rencong selama 10 hari itu, pihaknya akan melibatkan puluhan personel Polres dibantu instansi terkait lainnya seperti Dishub, Satpol PP, Rapi, TNI serta Dinas Kesehatan dan PMI.

Sejumlah personel tersebut, lanjut Awang, akan menempati dua pos yakni Pos Pelayanan di Pos Gardu Lantas, Desa Geulumpang Payong, Blangpidie dan Pos Pengamanan berada di Jalan Nasional wilayah Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot.

“Berhubung di Abdya tidak ada gereja, maka pengamanan ini lebih terfokus pada arus lalulintas disepanjang wilayah Abdya. Selain itu, kita juga akan melakukan pengamanan pada saat sejumlah masyarakat merayakan tahun baru dilokasi objek wisata,” sebutnya.

Selain melakukan pengamanan, tambah Awang, Polres Abdya juga telah memantau ketersediaan pangan dan sembako selama libur Natal dan tahun baru. Sebab, selama perayaan ini tentunya permintaan dari konsumen akan meningkat. Terkadang distribusi pangan kerap terkendala ketika musim libur tiba. “Dan itu sudah kita waspadai beberapa waktu lalu,” tuturnya.

Disamping itu, Polres Abdya juga telah melakukan razia cipta kondisi (Cipkon) sebelum Ops Lilin Rencong berlansung. Sasaran dari razia itu lebih mengarah kepada senjata tajam, senjata api, peredaran narkoba dan premanisme yang sewaktu-waktu bisa membahayakan masyarakat Abdya. “Semoga dalam sepuluh hari Ops Lilin Rencong ini akan aman dan terkendali,” demikian harapnya. (R-Zal)

Subscribe

MEDIA REALITAS