59019 KALI DIBACA

IMM Aceh: Jika APBA Sampai Pergub, Menjadi Citra Buruk DPR-Aceh

IMM Aceh: Jika APBA Sampai Pergub,  Menjadi Citra Buruk DPR-Aceh

example banner

Banda Aceh I Media Realitas – Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPD IMM) Aceh mengingatkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) harus secepatnya membahas dan mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2018, jangan sampai kemudian anggaran tersebut disahkan melalui Peraturan Gubernur (Pergub).

Ketua Bidang Hikmah DPD IMM Aceh, Khairul Azmi, SH menyebut kan  jika nantinya APBA 2018 berujung dengan Pergub maka hal ini akan menjadi prestasi buruk DPRA karena tidak mampu menjalankan amanah secara tepat waktu, yang dapat berdampak pada terlambatnya realisasi untuk pembangunan Aceh nantinya.

“Jangan sampai APBA 2018 melalui Pergub, jika itu terjadi maka ini menjadi citra buruk bagi DPRA,” kata Khairul Azmi, kepada Wartawan di Banda Aceh Rabu (27/12).

Menurut Khairul, ini penting diingatkan karena jika nantinya melalui pergub maka akan banyak rencana pembangunan dan program strategis lain pada 2018 tidak bisa dilaksanakan sesuai harapan, tetapi bila terlambat juga dapat menghambat proses pembangunan Aceh.

“Hingga saat ini DPRA belum bisa memastikan kapan pengesahan APBA 2018 sedangkan waktunya tinggal sangat mepet sekali.
Aceh akan rugi apabila telat dan masyarakat imbasnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Khairul menilai, kalau terjadi seperti ini Aceh mengalami pase kemunduran dalam mendorong kinerja pemerintahan yang efektif dan efisien, seharusnya pada tahun pertama pemerintahan baru penetapan APBA tepat waktu menjadi indikator salah satu capaian yang baik.

Dan, dirinya meminta bagi anggota DPRA harus membangun komunikasi yang baik dengan eksekutif dan jangan menunjukkan seolah-olah ada gerbong politik sehingga  hal itu berdampak tidak baik terhadap rakyat Aceh nantinya.

“Seharusnya pihak DPRA sudah membahas KUA/PPAS bersama Pemerintah Aceh jauh-jauh hari, tapi buktinya itu aja belum dibahas, ini menjadi pukulan berat bagi masyarakat,” pungkas Khairul Azmi.

Khairul juga menyarankan, kedua pihak segera mencari jalan keluar, kemudian jangan sampai pembahasan APBA ini dipaksakan. Karena bila uang yang cukup banyak itu tidak tepat sasaran dalam realisanya akan merugikan Aceh sendiri.(m.nazar)

Subscribe

MEDIA REALITAS