43119 KALI DIBACA

HUT Kota Medan Momentum Percepatan dan Perluasan Pembangunan

HUT Kota Medan Momentum  Percepatan dan Perluasan Pembangunan

 

Medan | mediarealitas

                Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak semua untuk menjadikan Hari Ulang Tahun Kota Medan ke-425, sebagai momentum guna mempercepat dan memperluas pembangunan secara berkesinambungan, sehingga  dapat mewujudkan Medan sebagai kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan relijius.

                Ajakan ini disampaikan Wali Kota pada rapat paripurna istimewa DPRD Kota Medan dalam rangkamemperingati Hari Jadi Kota Medan ke-425 Tahun 2015 di Gedung DPRD Medan, Selasa (30/6).

                Usia Kota Medan yang ke-425 ini, jelas Wali Kota, sesungguhnya merupakan rahmat dan hidayah yang luar biasa. Oleh karenanya Eldin mengajak semua untuk menjadikan peringatan hari ulang tahun ini diekspresikan dalam bentuk ungkapan rasa syukur kepada tuhan Yang Maha Kuasa, melalui sialturahmi sesame warga kota, antara pemerintah, DPRD serta masyarakat.

                Selanjutnya pembangunan kota yang berjalan dengan baik dan optimal, menurut Wali kota harus dimaknai dengan rasa syukur, serta menjadi motivasi untuk menghasilkan karya-karya pembangunan yang lebih besar lagi kepada masyarakat.

                “Apa yang telah dicapai dalam pembangunan kota saat ini, bukanlah  upaya individu, kelompok maupun golongan melainkan hasil kerja kolektif dari seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan perannya masing-masing,” kata Wali Kota.

                Dikatakan Wali Kota, berbagai keberhasilan pembangunan yang diraih sel;ama ini dipersembahkan kepada warga kota Medan. Sebab,  keberhasilan itu sesungguhnya keberhasilan seluruh pemangku kepentingan. Namun jika ada kekurangan, sesungguhnya adalah kekurangan semua yang harus diperbaiki dan dibangun bersama.

                Untuk itulah kata Wali Kota, sangat dibutuhkan keikhlasan, kerja keras dan kerjasama yang smekain kokoh diantara pemangku kepentingan, disertai partisipasi masyarakat yang luas guna menghadapi berbagai pembangunan kota pada masa mendatang. “ASaya dan kita semua harus selalu optimis. Dengan kebersamaan, insya Allah hasil-hasil pembangunan terbaik akan dapat kita raih secara optimal,” ungkapnya.

                Lebih jauh Wali Kota memaparkan, tantangan pembangunan menuntut kepedulian dan respon sekaligus menuntut kerja keras dan kesunggunhan dari semua untuk mengatasinya. Karena itulah  melalui APBD Kota Medan sumber-sumber pembiayaan pembangunan lainnya, telah direncanakan dan dilaksanakan berbagai masalah dan tantangan pembangunan kota yang ada.

                Di bidang infrastruktur, jelas Wali kota, sampai akhir tahun ini telah ditargetkan untuk bisa mewujudkan kondisi jalan baik mencapai 95 persen dari ruas panjang jalan yang ada baik berstatus jalan kota, jalan propinsi maupun jalanm negara. Kemudian, menargetkan pengurangan sampai 50 persen titik-titik genangan air yang masih terjadi di berbagai kawasan.

                Kemudian Pemko Medan saat ini kata Wali Kota, sedang melaksanakan penataan prasarana lalu lintas, sehingga akan mendapatkan model penataan kawasan lalu lintas yang semakin aman, nyaman dan optimal. Lalu, Pemko Medan seghera menetapkan Ranperda RDTR menjadi perda Kota Medan, guna mewujudkan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian tata ruang yang lebih konsisten.

                Selain itu tambah mantan sekda Kota Medan itu, Pemko Medan juga sudah menyelesaikan DED (Detail Engineering Design) pemabngunan  tanggul rob kawasan pesisir Belawan, yang secara teknis dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera II. Diharapkan pembangunan fisiknya sudah bisa dimulai pada tahun 2016, termasuk melanjutkan normalisasi sungai-sungai yang ada , sbagai bagian dari sistem pengendalian banjir..

                Tidak itu saja ungkap Wali Kota lagi, Pemko Medan juga sedang dalam tahapan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Fly Over Kampung Lalang, Underpass Katamso, Jalan Lingkar Luar Bagian Utara (Helvetia), jalan alternatif  Medan-Brastagi yang dimulai dari Pajak Melati, jalan lingkar luar bagian selatan yang dimulai dari Kayu Besar, serta pengembangan jalan-jalan layang lainnya seperti Fly Over Pondok kelapa dan Jalan Aksara.

                “Dengan pembangunan jalan ini insya allah, kita nantinya mampu mewujudkan sistem jaringan jalan dan transportyasi yang semakin terintegrasi, termasuk penyelesaian proyek Metropolitan Sanitation Management and Health Project (MSMHP) secara berkeseluruhan dalam tahun ini,” jelasnya.

                Di samping itu di bidang sosial budaya, Wali Kota menuturkan terus melakukan penambahan ruang kelas baru di semua jenjang pendidikan guna menambah daya daya tampung sekolah negeri, termasuk rencana pembangunan sekolah baru dimana pembebasan lahanyya dilaksanakan tahun ini, sehingga pembangunan konstruksinya bisa dimulai tahun 2016.

                “Kemudian di bidang kesehatan, tahun ini kita merencanakan pembebasan lahan pembangunan puskesmas baru. Dengan begitu kita bisa membangun konstruksinya  tahun depan bersama-sanma dengan pembangunan  rumah sakit Tipe C di kawasan Medan Labuhan dan pengembangan RSUD dr Pirngadi Medan,” paparnya.

                Untuk bidang sosial keagamaan, Wali Kota menjelaskan pihaknya sedang mengerjakan masterplan dan DED pembangunan Medan Islamic Centre (MIC) di kawasan Medan  Labuhan. Diharapkannya, pembangunan konstruksi MIC sudah dimulai tahun 2016, termasuk memberikan bantuan  pengembangan sarana dan prasarana ibadah yang diperlukan sebagai salah satu perwujudan Medan sebagai kota relijius.

                Sedangkan di bidang ekonomi, Eldin mengaku pihaknya kini terus membangun iklim investasi yang semakin kondusif dengan terus  melakukan serta memberikan berbagai kemudahan, fasilitas dan insentif guna menarik para penanam modal yang lebih besar untuk berinvestasi di Kota Medan yang tercinta ini.

                “Di samping itu kita juga terus melakukan pembinaan dan pelayanan kepada UMKM, agar ekonomi rakyat bisa tumbuh dan berkembang lebih baik pada masa mendatang, termasuk melakukan program revitalisasi terhadap pasar-pasar tradisional modern yang ada di berbagai  kawasan,” paparnya.

                Diingatkan Wali Kota, tentunya masih banyak masalah dan tantangan pembangunan ke depanm yang cukup kompleks dan berat yang harus dihadapi bersama-sama. Meski demikian semua harus yakin terhadap potensi pembangunan kota, sebab Medan memiliki modal dasar dan faktor dominan yang besar untuk menajdikan ibukota Provinsi sumatera Utara ini menjadi kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius.

                “Jadi Medan adalah rumah kita, masa depan dan tempat tinggal yang akan diwariskan kepada anak cucu kita. Untuk itu mari kita bangun bersama-sama dengan terus bergandengan tangan dan bersatu padu sebagai satu saudara. Saya mengajak , mari bersama-sama kita evaluasi keberhasilan dan kekurangan yang masih ada. Artinya, marilahj kita cari solusi terbaik secara bersama-sama sehingga bis mewujudkan harapan-harapan besar masyarakat dengan lebih baik lagi pada masa mendatang,” harapnya.

                Sebelum menghadiri rapat paripurna ini, Wali Kota didampingi Sekda Ir Syaiful Bahri Lubis, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan serta sejumlah pimpinan SKPD  ziarah bersama di Taman Makam Pahlawan Jalan Sisingamangaraja Medan dalam rangka Hari Jadi ke-425 Kota Medan. Ziarah ini merupakan agenda rutin Pemko Medan setiap tahunnya sebelum memperingati Hari Ulang Tahun Kota Medan. (LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS