132319 KALI DIBACA

Hari Terakhir Mendaftar, Ribuan Pelamar Tenaga Kontrak Abdya Ricuh

Hari Terakhir Mendaftar, Ribuan Pelamar Tenaga Kontrak Abdya Ricuh
Para pelamar tenaga kontrak menerobos masuk keruang panitia di Aula Gedung SD Tunas Abdya, Selasa (19/12)./Foto: Media Realitas|Syahrizal

Blangpidie|Media Realitas -Memasuki hari keenam (terakhir) pelaksanaan pendaftaran seleksi penerimaan tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada Selasa (19/12) berlansung ricuh.

Pasalnya, tak sanggup lama mengantri para pelamar tenaga kontrak dari jalur administrasi dah teknis lainnya itu, akhirnya menerobos pintu masuk ruang panitia pendaftaran di Aula Gedung SD Tunas Abdya, Padang Meurante, Susoh sekitar pukul 10.00 WIB.

Melihat para calon pelamar tenaga kontrak mulai berdesakan masuk, akhirnya panitia pelaksana terpaksa menghentikan penerimaan berkas sementara waktu. Selanjutnya, para panitia meminta kepada para pelamar untuk tertib dan mendengarkan arahan dari panitia.

Meskipun begitu pelamar lainnyan tetap memaksa masuk keruang panitia, akhirnya kaca pintu masuk jalur utama pecah akibat desakan. Bahkan, dilokasi itu juga ada sejumlah pelamar yang pinsan karena tidak tahan dengan desakan itu.

Laila, salah satu pelamar yang sudah menunggu antri sejak pukul 06.00 WIB mengaku sangat kecewa tidak bisa mendaftar sebagaimana peserta lainnya sejak dibuka awal pendaftan pada Selasa (12/12/2017) lalu. Padahal ia sangat berharap bisa mendapatkan nomor peserta tenaga kontrak pada hari itu juga.

“Karena kondisi seperti itu, maka kami terpaksa harus menunggu nomor peserta pada hari Jum’at nanti di Kecamatan masing-mading,” singkatnya.

Dilain hal, Uul pendaftar lainnya sangat berharap agar proses seleksi nantinya tidak memberlakukan sistim pilih kasih. Sebab, tujuan diadakannya seleksi tenaga kontrak itu untuk menjaring calon tenaga non PNS yang memiliki keahlian dan mampu bekerja sesuai dengan formasi jabatan yang dilamar.

“Kalau tidak dilakukan dengan selektif dan penuh kebijakan maka sia-sia saja pengorbanan kami yang sudah berdesakan seperti ini,” tuturnya.

Sementara itu, Sekda Abdya Drs Thamren didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Cut Hasnah Nur, mengatakan, panitia terpaksa menghentikan proses pelaksanaan pendaftaran.

Selanjutnya, panitia meminta kepada para pelamar untuk mengumpulkan berkas syarat pendaftaran diatas meja panitia. Dengan catatan pada hari Jum’at (22/12) mendatang mengambil nomor peserta di masing-masing kecamatan dalam Kabupaten Abdya.

“Bagi mereka yang telah menyerahkan berkas hari ini, silahkan menunggu nomor kartu pesertanya di kantor Camat masing-masing pada hari Jum’at nanti,” sebut Sekda Thamren.

Sementara itu, Plt Kepala BKPSDM Cut Hasnah Nur, menjelaskan, bahwa pelaksanaan tes kontrak akan berlansung pada Minggu (24/12) mendatang. Seleksi tenaga kontrak itu akan dilaksanakan secara serentak mulai dari tenaga Pendidikan, Kesehatan dan Adminitrasi serta teknis lainnya baik yang sudah bekerja maupun belum bekerja.

“Untuk lokasi tempat seleksi, para peserta dianjurkan untuk melihat pengumuman di kantor desa tempat ia tinggal masing-masing paling lambat Sabtu nanti. Yang jelas di kecamatan Blangpidie dan Susoh,” tuturnya singkat. (R-Zal)

Subscribe

MEDIA REALITAS