37619 KALI DIBACA

Hari Ini PBB Fair Resmi Dibuka

Hari Ini PBB Fair Resmi Dibuka

example banner

Medan  | mediarealitas

            Hari ini, Jumat (27/11), Pajak Bumi Bangunan (PBB) Fair yang rencananya dibuka secara resmi oleh Wali Kota Medan,Drs H Randiman Tarigan MAP di Lapangan Merdeka Medan. Tidak hanya wajib pajak, seluruh warga Kota Medan diajak menghadiri even hasil kolaborasi Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Medan dan Bank Sumut yang berlangsung selama 3 hari.

Selain menikmati aneka hiburan, masyarakat, terutama yang membayar PBB akan mendapatkan souvenir dan hadiah menarik. Diharapkan Rp.50-60 miliar bisa terkumpul melalui even ini.

Kepada wartawan, Kamis (26/1) di rumah dinasnya, Pj Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada Bank Sumut yang mendukung sepenuhnya acara ini.

“Ini sebuah terobosan yang baik yang dilakukan Dispenda yang dapat menjalin kolaborasi yang baik dengan Bank Sumut sehingga acara ini dapat terlaksana tanpa dukungan dana dari APBD Pemko Medan. Ini sungguh luar biasa,” ucap Randiman didampingi Pelaksana Harian Sekda,H Erwin Lubis, Kadispenda Medan HM Husni SE MSi, dan Diretur Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting.

Randiman memaparkan,  perhelatan ini diharapkan dapat menjalin jembatan emosional antara masyarakat sebagai wajib pajak dengan Pemko Medan. Dengan demikian, masyarakat akan secara sadar membayar PBB, sehingga penerimaan dari sektor ini terus meningkat.

“Sampai saat ini, realisasi penerimaan PBB kita sudah mencapai 78 persen. Artinya, ada 22 persen lagi yang harus kita raih dalam waktu kurang dari dua bulan ini. Dan saya yakin, itu akan tercapai. Minimal kita bisa mencapai realisasi lebih dari 90 persen untuk Tahun Anggaran 2015,” ungkapnya.

Menurut Randiman, target itu tidaklah muluk. Alasannya, di Medan ada 2001 kepala lingkungan (kepling) “Jika setiap kepling berhasil membuat minimal 10 warganya membayar PBB, ini artinya, sudah lebih dari 20.010 warga yang membayar PBB. Ini suatu pencapaian yang luar biasa. Dan tentunya, para kepling, lurah, maupun camat harus dapat berkomunikasi dengan santun kepada wajib pajak. Saya yakin mereka pasti bisa melakukannya, sebab itu tidaklah sulit,” ungkapnya.

Sementara itu Kadispenda Kota Medan, H.M Husni menjelaskan, perhelatan PBB Fair berlangsung selama 3 hari yakni27-29 Nopember. Dihari pertama sekaligus pembukaan akan diisi dengan parade budaya yang diikuti para pelajar dengan mengenakan busana etnis  suku di Kota Medan. Parade ini akan diiringi dengan lantunan musik tradisional.

Selanjutnya pada hari kedua bilang Husni, selain pertunjukan musik, masyarakat, terutama yang membayar PBB  juga  berpeluang mendapat hadiah melalui lucky draw.  Begitu membayar PBB di lokasi acara, warga langsung mendapatkan kupon untuk diundi. Bagi masyarakat yang beruntung akan mendapatkan  hadiah menarik. Di samping itu akan diisi dengan aneka hiburan dan permain yang benar-benar menghibur.

“Malam harinya, giliran masyarakat yang menajdi nasabah Bank Sumut berkesempatan mendapat hadiah menarik dari Bank Sumut. Sebab, akan dilakukan penarikan hadiah Martabe bagi nasabah. Selain hadiah menarik, juga hadiah utama rumah dan mobil. Di samping itu penyanyi top asal ibu kota, Rio Febrian akan menghibur pengunjung,” jelasnya.

Di hari ketiga imbuh Husni, digelar sepada santai dan senam bersama. Dilanjutkan dengan memasak mie balap terenak dan tercepat yang dipandu chef professional. Direncanakan, mie balap yang dimasak sebanyak 1,5 ton dan ditargetkan bisa masuk Rekor MURI. Selanjutnya mie balap yang sudah masak akan disajikan kepada sleuruh pengunjung.

“Seluruh kegiatan ini kita persembahkan kepada masyarakat sebagi bentuk ungkapan terima kasih dan apresiasi karena telah membayar PBB. Selain hiburan, kita juga memberikan insentif kepada masyarakat dalam bentuk pemebrian souvenir, hadiah dan penghapusan dengan bagi masyarakat yang sudah terlambat membayar PBB sejak 5 tahun belakangan ini. Tentunya ini membantu sangat meringankan warga,” ungkapnya.

Sedangkan Direktur Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting didampingi Syahdan ASeiregar selaku Kepala Divisi Liabielistis Bank Sumut mengatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan PBB Fair. “Demi suksesnya even ini, kita akan mengerahkan nasabah Bank Sumut untuk hadir sekaligus membayar PBB di lokasi acara,” kata Ester.

Jemput Bola

            Sebelumnya di Kantor Camat Medan Area, Pj Wali Kota,  Drs H Randiman Tarigan MAP mengapresiasi langkah Dispenda Kota dalam menagih PBB kepada masyarakat dengan melakukan jemput bola dengan cara minta bantuan camat, lurah dan kepling di Kecamatan Medan Area, Medan Amplas, Medan Denai dan Medan Kota.

            Untuk mendukung kelancaran penagihan, Dispenda menyerahkan buku tunggakan PBB warga yang berdomisili di 4 kecamatan tersebut. Sebelumnya, Dispenda juga telah melakukan hal yang sama dengan 17 kecamatan lainnya yang penyerahan buku tunggakan PBB dipusatkan di Kecamatan Medan Petisah beberapa waktu lalu.

            Karenanya, melalui momentum pembagian buku tunggakan ini, Pj Wali Kota menghimbau kepada camat, lurah dan kepling, agar tidak hanya menagih tunggakan namun juga gencar melakukan sosialisasi akan pentingnya membayar pajak.

            “Peran camat,lurah dan kepling jelas menjadi ujung tombak yang harus lebih rajin lagi untuk memberikan pemahaman kepada wajib pajak, Saya tekankan sekali lagi, tidak hanya menagih namun juga memberikan pencerahan terhadap pemikiran wajib pajak di wilayah masing-masing.
Selain itu, dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dari camat dan jajarannya untuk menarik perhatian wajib pajak agar mau membayar pajak bumi dan bangunannya. Hingga akhirnya masyarakat akan secara mandiri menyadari dan mau membayarkan pbb tanpa harus ditagih lagi,” tegasnya. (LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS