42619 KALI DIBACA

Hari Ini DPRD Medan Gelar Paripurna Penetapan Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Hari Ini DPRD Medan Gelar Paripurna Penetapan Walikota dan Wakil Walikota Terpilih

Medan | mediarealitas

Berdasakan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang diselenggarakan, Selasa (26/01/2016), DPRD Medan menjadwalkan paripurna istimewa pengumuman hasil penetapan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Rabu (27/01/2016) besok.

Dikonfirmasi wartawan, Ketua DPRD Medan Henry Jhon membenarkan penjadwalan rapat paripurna itu berdasarkan surat dari KPU Kota Medan yang dilayangkan ke DPRD Medan.

“Benar, kami besok akan menggelar paripurna istimewa pengumuman hasil penetapan Walikota dan Wakil Walikota terpilih,” jelas Henry Jhon, Selasa (26/01/2016).

Selain surat KPU Medan, pelaksanaan paripurna istimewa ini juga didasarkan pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE) Mendagri terbaru Nomor 100/140/SJ tentang Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Bupati atau Wakil Bupati.

“Selain itu, SE Mendagri juga menjadi acuan kita dalam penjadwalan ini,” katanya.

Dijelaskannya, hasil paripurna tersebut nantinya akan disampaikan ke Gubernur kemudian diteruskan ke Mendagri untuk menentukan penjadwalan pelantikan.

“Hasil rapat paripurna nantinya akan disampaikam ke  Gubernur kemudian ke mendagri selanjutnya nanti ditentukan jadwal pelantikan dan pengambikan sumpah,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli kepada wartawan menegaskan  bahwa pelaksanaan Paripurna Istimewa pengumuman hasil penetapan Walikota dan Wakil Walikota terpilih dalam rangka menyahuti SE Mendagri tersebut.

“Apa yang kita jadwalkan ini dalam rangka menyahuti SE Mendagri tersebut dimana ada batas waktu 14 hari dalam ketentuan itu,” jelas Nanda.

Namun terkait jadwal pelantikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Nanda  mengatakan DPRD Medan menunggu Mendagri.

“Kalau soal jadwal, itu kan urusan Mendagri, kita tunggu aja dari Mendagri,” jelasnya seraya mengatakan kalau pihaknya belum menerima pemberitahuan apapun terkait persoalan tersebut.(LR)

Subscribe

MEDIA REALITAS