9819 KALI DIBACA

Gempa Guncang Alaska, Rumah Dan Toko Rusak

Gempa Guncang Alaska, Rumah Dan Toko Rusak

example banner

Alaska | Realitas – Gempa dahsyat mengguncang Anchorage, Alaska, hari Jumat (31/11/2018), menyebabkan kerusakan pada gedung-gedung, tetapi belum ada laporan mengenai cedera serius atau kematian.

Gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter itu mengguncang bangunan-bangunan, memecahkan jendela, dan menyebabkan tiang-tiang lampu dan pohon-pohon bergoyang.

Gempa itu disusul rangkaian gempa yang bisa dirasakan sampai sejauh 560 kilometer di Fairbanks.

Gambar-gambar yang diunggah penduduk Anchorage ke media sosial menunjukkan kerusakan pada rumah-rumah, toko-toko dan jalanan.

Listrik padam di banyak rumah penduduk.

Di Twitter, polisi di Anchorage mengatakan, kota itu menderita kerusakan besar infrastruktur, dengan bangunan-bangunan yang terimbas dan banyak jalan dan jembatan ditutup.

Gedung Putih mengatakan Presiden Donald Trump memantau situasi dan Trump menulis cuitan bahwa pemerintah federal akan membantu Alaska pulih dari gempa.

Gubernur Alaska Bill Walker telah mengeluarkan dekrit bencana.

Badan Survei Geologi Amerika mengatakan gempa itu terletak sekitar 13 kilometer di utara Anchorage, tempat tinggal sekitar 40 persen populasi Alaska.

Gempa itu, yang melanda pukul 8:29 pagi waktu setempat hari Jumat, memicu peringatan tsunami untuk daerah pesisir Alaska selatan, tetapi kemudian dibatalkan. (okezone/iqbal)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS