90619 KALI DIBACA

Gedung Milik Pemkab Aceh Timur di Langsa Terbengkalai

Gedung Milik Pemkab Aceh Timur di Langsa Terbengkalai

LANGSA – ACEH I MEDIA REALITAS – Gedung bekas Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Kekayaan Daerah (DPPKD) Kabupaten Aceh Timur yang terletak di Jalan Wage Rudolp Supratman Kota Langsa terbengkalai tragisnya kondisi fisik bangunan tersebut saat ini sangat memprihatinkan.

Pantauan Media Realitas di lokasi, bangunan yang keberadaannya persis berdekatan dengan Pendopo Walikota Langsa itu terlihat kumuh tidak terurus. Selain itu kondisi cat dinding bangunan terlihar buram dan telah mengelupas, disela tiang bangunan ditumbuhi oleh lumut serta rumput yang terdapat dihalaman depan bangunan dimaksud juga terlihat menyemak

Panorama itu dikhawatirkan berdampak terhadap estetika (keindahan) maupun tata ruang kota Langsa itu sendiri. Apalagi letak bangunan itu keberadaannya tepat ditengah jantung kota Langsa

Sejumlah kalangan di Pemko Langsa menyesalkan sikap Pemerintah Aceh Timur terkesan menelantarkan gedung dimaksud tanpa ada upaya nyata terhadap lakukan perawatan dan pemeliharaan bangunan. 

Bila kondisi itu terus dibiarkan berlarut, dikhawatirkan gedung yang diduga tanpa berpenghuni itu berpeluang menjadi tempat maksiat. 

“Adalah kewajiban dan tanggung jawab pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan gedung, karena bangunan tersebut masih milik Pemkab Aceh Timur” ujar Saiful Alam, SE Ketua Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah Dan Keadilan (LP-KPK) Aceh Timur, Kota Langsa, Aceh Tamiang, Minggu (7/1/18).

Menurut Saiful Alam,karena wilayah Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur saat ini telah pindah ke Idi. Sementara itu bangunan tersebut berada di wilayah  Pemko Langsa. Sudah semestinya Pemkab Aceh Timur menyerahkan gedung itu kepada Pemko Langsa dari pada dibiarkan terlantar.

“menyangkut tehknis kesepakatan penyerahan, pemerintahan Aceh Timur dan Pemko Langsa dapat duduk bersama membahasnya,” katanya.

Lanjutnya,  sikap keikhlasan diiringi tanggung jawab bersama terhadap kelangsungan bangunan kantor yang ditinggalkan oleh pendahulu petinggi pemerintahan semasa Kabupaten Aceh Timur dahulu.

Sudah sepatutnya generasi penerus pemerintahan untuk merawatnya. Karena hal itu merupakan bagian menjaga amanah pendahulu pemerintahan, imbuhnya.(R.21)

Subscribe

MEDIA REALITAS