36419 KALI DIBACA

Eldin Dapat Penghargaan Manggala Karya Kencana

Eldin Dapat Penghargaan Manggala Karya Kencana

mediarealitas | Kupang

Wali Kota Medan, Drs H Dzulmi Eldin S MSi menerima  penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari pemerintah pusat melalui Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia. Penghargaan itu diberikan oleh Kepala BKKBN, RI dr Surya Chandra Surapaty MPH PhD dan Ketua Umum TP PKK, Erny Guntari pada malam penganugerahaan penghargaan pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) diHoten Aston  Kupang NTT, Kamis (28/7) malam.

Selain Wali Kota Medan, tiga kepala daerah lainnya dari Sumatera Utara juga mendapatkan penghagaan seruga. Ketiganya adalah Bupati Deliserdang, H. Ashari Tambunan, Bupati Labuhan Batu Utara (labura), H. Kharuddin Syah dan Bupati Nia,s Sokhiatulo Laoly.

Penghargaan Manggala Karya Kencana  (MKK)  yang diberikan KBN) kepada kepala daerah karena dinilai berkomitmen penuh terhadap penyelenggaraan program kependudukan dan keluarga berencana (KB), serta pembangunan keluarga sejahtera di daerahnya.

Untuk tahun ini, ada 57 kepala  daerah (Gubernur, Bupati/Walikota),  7 Wakil Gubernur dan 33 TP PKK propinsi, kabupaten/kota se Indonesia yang menerima penghargaan MKK dari BKKBN Pust tersebut. Selain penghargaan MKK,  BKKBN  juga memberikan penghargaan Wira Karya Kencana (WKK)) dan Dharma Karya Kencana (DKK) kepada petugas kesehatan dan perorangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN Pusat, Surya Chandra Surapaty menegaskan, penghargaan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan program kependudukan, guna memperbaiki kualitas hidup manusia.  “Penghargaan ini bentuk apresiasi BKKBN terhadap kepada kepala daerah yang telah menjalankan program KB di daerahnya. Penghargaan ini diharapkan bisa meningkatkan program KB,”  kata Surya.

                Selanjutnya Surya mengungkapkan, BKKBN menargetkan setiap kabupaten  ada Kampung KB. Sebab , Kampung KB ini merupakan cara pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat pedesaan. “Target setiap kabupaten harus ada satu Kampung KB, tetapi jangan hanya pencanangan saja, lalu ditinggalkan begitu saja. Sebagai petugas KB kita harus sehat, semangat dan luar biasa,” ungkapnya.

                Kemudian Surya berhrap, peringatan Harganas ini dapat menjadikan semua untuk memperhatikan keluarga, karena keluarga merupakan pilar pembangunan bangsa dan utama dalam mendidik dan membentuk manusia masa depan yang berkarakter.

“Kita diajak pemerintah melaksanakan revolusi mental berbasis Pancasila dalam rangka membangun karakter bangsa. Presiden Soekarno mengatakan,  bangsa yang tidak berkarakter maka akan menjadi bangsa kuli. Revolusi mental itu untuk menggembleng manusia yang berintegritas, beretos kerja dan bersemangat gotongroyong,” tegasnya.

                Sementara Drs H T Dzulmi Eldin S MSi e,ngaku sangat gembira dengan penghargaan yan diberikan tersebut.  Diakuinya,keberhasilan ini berkat kerja keras semua, termasuk seluruh elemen masyarakat yang telah berperan aktif  dalam menggalakkan program KB di Kota Medan. Da berharap partisipasi ini terus ditingkatkan lagi ke depannya.

“Saya berharap penghargaan ini tidak membuat kita cepat puas, justru sebaliknya jadikan penghargaan ini  sebagai motivasi kepada kita untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan di bidang kependudukan, keluarga berencana dan kesejahteraan keluarga di Kota Medan.  Kita tidak akan berhenti sampai di sini, tapi kita  akan bekerja lebih keras lagi,”  kata Wali Kota.(ril)

Subscribe

MEDIA REALITAS