34319 KALI DIBACA

Eldin Ajak Umat Islam Medan Bangun dan Terus Makmurkan Masjid

Eldin Ajak Umat Islam Medan  Bangun dan Terus Makmurkan Masjid

mediarealitas | Medan

            Ratusan umat Muslim dari seluruh penjuru Kota Medan menghadiri peringatan Israk Miraj Nabi Besar Muhammad SAW sekaligus menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1437 H di halaman Masjid Agung Medan Jalan Diponegoro Medan, Kamis (2/6).  Peringatan ini diharapkan menjadi momentum  bagi umat Islam Kota untuk selalu memakmurkan masjid, sekaligus senantiasa berbuat kebajikan dalam kehidupan sehari-hari.

            Peringatan Israk Miraj berlangsung dengan penuh khidmat, seluruh jemaah yang hadir dengan penuh antusias mendengarkan tausiah yang disampaikan Al Ustadz Taufiqurahman dari Jakarta. Apalagi dalam siraman rohaninya, ustad yang terkenal dengan pantunnya itu mengupas tentang penyebab umat Muslim masuk neraka.

            Selain meninggalkan shalat 5 waktu dengan sengaja, Taufiqqurahman juga mengatakan penyebab orang Islam masuk neraka lainnya akibat tak pernah sedekah selama hidupnya. Untuk itulah melalui peringatan Israk Miraj ini, Taufiqqurahman mengajak seluruh jemaah untuk selalu melaksananakan shalat lima waktu dan rajin bersedekah.

            Apalagi dalam hitungan hari ini, kata Taufiqqurahman, umat Islam akan menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1437 H. Untuk itulah dia mengajak seluruh jemaah yang hadir agar memanfaatkan bulan puasa sebagai bulan peningkatan ibadah, baik menyangkut shalat lima waktu maupun rajin bersedekah sehingga mendapat ampunan dan pahala dari Allah SWT.

            Terkait shalat 5 waktu, Taufiqqurahman langsung memaparkan apa dosa yang akan diterima jika umat Muslim dengan sengaja meninggalkannya. Bagi yang meninggalksan Shalat Subuh, Taufiqqurahman mengatakan Allah SWT akan menenggelamkan ke dalam neraka jahanam selama 60 tahun hitungan akhirat, dimana 1 tahun hitungan akhirat sama dengan 1.000 tahun di dunia.

            Selanjutnya bagi yang meninggalkan Shalat Dzuhur, jelas Taufiqqurahman,  dosanya sama seperti membunuh 1.000 orang Muslim. Lalu, tidak Shalat Ashar, dosanya sama dengan menghancurkan Ka’bah. Kemudian  bagi yang sengaja meninggalkan Shalat Maghrib, dosanya sama seperti berzia dengan ibu atau bapak sendiri.

“Sedangkan bagi yang meninggalkan Shalat Isya, Allah SWT akan berseru kepada mereka, ““Hai orang yang meninggalkan  Shalat Isya, bahwa Aku tidak lagi ridha engkau tinggal di bumi Ku dan menggunakan nikmat-nikmat Ku, segala yang digunakan dan dikerjakan adalah berdosa kepada Allah Ta’ala”,” tegas Taufiqurrahman.

Seluruh jemaah yang hadir larut mengikuti isi cerahamah Taufiqurrahman, termasuktermasuk Asisten Kesejahteraan Sosial Pemprovsu, H Zulkarnain SH MSi mewakili Gubsu, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung, Letnan Jendral TNI Edy Rahmayadi, Wakil ketua DPRD Medan, H Iswanda Nanda Ramli, Dandim 0201/BS Kol Inf Maulana Ridwan, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, pimpinan SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta ibu-ibu pengajian.

            Sebelumnya tausiah dimulai, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dalam sambutannya mengingatkan bahwa esensi peringatan Israk Miraj dapat dilihat dari turunnya perintah shalat melalui Rasullah SAW, dimana salah satu pemaknaannya memerintahkan kepada seluruh umat Islam  untuk senantiasa memakmurkan masjid dan senantiasa  berbuat kebajikan.

            “Untuk itu saya mengajak semua untuk bersama-sama terus membangun dan memakmurkan masjid, salah satunya mendukung pembangunan Masjid Agung Medan yang saat ini tengah berlangsung, sehingga kita dapat terus mengembangkan peradaban dan kebudayaan Islam yang mengede[pankan perdamaian, keadilan, keseimbangan, toleransi dan persamaan yang bertumpu kepada konsep Rahmatan Lil Alamin (Islam yang membawa rahmat bagi semesta alam),” kata Wali Kota.

            Eldin selanjutnya mengungkapkan, Pemko Medan terus berupaya mendorong dan memperluas pengembangan pembangunan yang berdimensi sosial keagamaan. Di samping itu senantiasa mengajak masyarakat untuk bergandengan tangan meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana ibadah secara partisipatif.

            Di samping itu bilang Eldin lagi, Pemko Medan bersama masyarakat juga melaksanakan ritual keagamaan seperti melalui Safari Jumat, Safari Subuh, Maghrib Mengaji. “Ini semua menjadi spirit utama kita dalam membangun masa depan Kota Medan yang kita cintai dan banggakan bersama ini,” ungkapnya.

            Kemudian untuk mendukung pembangunan Masjid Agung Medan, Eldin menyatakan seluruh Apratur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan berinfak sebesar Rp.161.812.000. Diharapkan infak itu dapat mendukung kelancaran pembangunan Masjid Agung yang nantinya akan menajdi ikon dan kebanggaan warga Kota Medan.(rel)

Subscribe

MEDIA REALITAS