176819 KALI DIBACA

Dua Hari Menjelang Cuti: Bupati Aceh Selatan Lancarkan Mutasi Sejumlah Pejabat

Dua Hari Menjelang Cuti: Bupati  Aceh Selatan Lancarkan Mutasi Sejumlah Pejabat
Bupati Aceh Selatan HT. Sama indra, SH memasang tanda jabatan pada camat Bakongan timur pada acara pelantikan 96 PNS lingkup Pemkab Aceh Selatan di rumoh agam Tapaktuan, Selasa (13/2).MEDIA REALITAS/ZULMAS

ACEH SELATAN | REALITAS:Bupati Aceh Selatan HT. Sama Indra, SH dua hari lagi mau mengambil cuti untuk kembali maju dalam pilkada serentak 2018, ia melakukan pelantikan pejabat struktural eselon II, III dan IV di jajaran Setdakab di Rumoh Agam Tapaktuan, Selasa (13/2/2018) petang.

Akibat dari itu sehingga banyak sorotan tajam terhadap fatahana kembali mencalonkan Bupati Aceh Selatan untuk periode kedua. “Mutasi tersebut merupakan bernuangsa politik,” ujang sejumlah masyarakat dalam kabupaten tersebut yang nggan disebutkan namanya.

Sedikitnya 96 PNS baik eselon II, III dan IV pada lingkungan jajaran sekdakab Aceh Selatan, dua hari bupati menjelang cuti untuk naik bupati yang ke dua, Bupati HT Sama Indra, SH lancarkan mutasi. Terlihat dalam photo hampir seratusan sedang disumpah.MEDIA REALITAS/ZULMAS

Dikesempatan itu, Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH dalam sambutannya menegaskan pentingnya menjaga sikap dan moralitas sebagai aparatur pemerintah.

“Jadikan sumpah jabatan yang telah diucapkan dan ditandatangani itu, sebagai landasan berpijak sekaligus rambu-rambu  untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan koridor hukum  dan norma yang berlaku,” cetusnya.

Menurutnya, pelantikan dan pengambilan sumpah yang telah  dilaksanakan  pada hari itu di lingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Selatan merupakan upaya penyegaran dan mengisi kekosongan jabatan, dengan harapan pejabat yang baru dilantik  akan mampu mewujudkan efektifitas dan peningkatan kinerja satuan kerja perangkat daerah.

Bupati Sama Indra berpesan bahwa pejabat yang menduduki jabatan tertentu, untuk meningkatkan kinerja lebih baik, melaksanakan tugas pokok dan fungsi organisasi baik secara vertikal kepada atasan atau bawahan, dan secara horizontal dengan mitra kerja dibidang lainnya, sehingga akan meminimalisir adanya program dan kegiatan yang bersifat sektoral.

“Saudara  yang mempunyai tupoksi  terutama yang berhubungan secara langsung dalam  pelayanan publik, dituntut untuk  mampu mengembangkan komunikasi publik yang baik sebagai bagian dari pelayanan prima, yang akan menjadi modal yang baik dalam upaya pencitraan pelayanan yang prima bagi masyarakat sesuai dengan tujuan utama birokrasi,” tambah Sama Indra.

Selain itu dalam bekerja hendaknya berwawasan jauh ke depan, kreatif, inovatif, kaya ide/gagasan, buatlah program dan kegiatan nyata yang berguna atau langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat/lingkungan kita, tidak sekedar teori dan retorika semata, namun  harus ada implementasi  yang  nyata.

Pejabat eselon dua yang dilantik adalah Cut Syazalisma menjadi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Selatan dan Yuhelmi menjadi Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Aceh Selatan dari Kabag Hukum Setdakab. Sedangkan untuk pejabat eselon IV sebanyak 62 orang dan eselon III sebanyak 32 orang.

Acara pelantikan pejabat tersebut turut dihadiri para Asisten, kepala SKPK dan undangan lainnya.

Bantah tudingan

Dikesempatan itu juga, HT Sama Indra, SH, membantah adanya tudingan bahwa ia melakukan mutasi bergelumang politik.

“Ini saya lalukan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku, juga ada izin dari mendagri, kemudian mutasi ini bukan untuk menonjokkan orang, tapi juga bukan tidak adanya bernuangsa politik,” tegasnya. (MR.ZULMAS)

Subscribe

MEDIA REALITAS