48519 KALI DIBACA

DPRD Medan Dorong Kenaikan Gaji Guru Honor

DPRD Medan Dorong Kenaikan Gaji Guru Honor
Kado di Hari Guru Nasional
Medan | mediarealitas
Kendati hari guru nasional sudah diperingati 70 tahun lalu dan tepatnya pada 25 Nopember (hari ini-red), namun diusia yang tergolong tua itu nasib guru di kota Medan masih memprihatinkan. Apalagi gaji guru honor di Medan hanya Rp 300 ribu per bulan tentu mengisahkan masih buruknya perhatian terhadap dunia pendidikan.
 
“Bagaiman mungkin mutu pendidikan di kota Medan dapat bagus kalau masalah kesejahteraan guru saja terabaikan. Itu hal penting yang harus disikapi Pj Walikota Medan,” ujar Ketua Komisi B DPRD Medan Surianto kepada wartawan di Medan, Selasa (24/11) menyikapi gaji guru honor di Medan yang sangat minim yakni hanya Rp 300 ribu perbulan.
 
Menurut politisi Gerindra yang akrab disapa Butong ini, mengaku sangat prtihatin mengetahui gaji guru honor yang sangat kecil. Dikatakan, minimal gaji guru honor minimal sesuai upah minimum kota (UMK) yakni sekitar Rp 2 jt per bulan. Dengan jumlah tersebut mungkin para tenaga pengajar dapat berbuat maksimal meningkatkan mutu pendidikan di kota Medan.
 
Dikatakan Butong, Ianya sangat mendukung dan mendorong Pj Walikota Medan Randiman Tarigan untuk menaikkan gaji guru honor di kota Medan. “Kita sangat setuju jika penambahan gaji guru honor dan dialokasikan di APBD Pemko Medan Tahun 2016 ini. Kita harapkan gaji tenaga guru honor di Medan dapat ditampung di APBD,“harap Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan ini.
 
Namun kata Surianto, Dinas Pendidikan Kota Medan supaya melakukan pendataan guru honor dengan benar di kota Medan. Begitu juga dengan system perekrutan tenaga pengajar supaya lebih selektif sesuai jenjang disiplin ilmu yang dimiliki. “Jika perlu tenaga guru honor yang ada sekarang ini supaya dilakukan seleksi ulang,” tandasnya.
 
Dikatakan, pada hari guru yang ke 70 ini, Pemko Medan harus memberikan kado yang sangat berharga kepada guru dan keluarganya yakni menaikkan gaji. Karena maju mundurnya pembangunan suatu kota maupun Negara tergantung mutu sumber daya manusia (SDM) nya. “Untuk itu, masalah pendidikan merupakan hal yang prioritas sebagai dasar mencerdaskan anak bangsa yang didasari sarana dan prasarana,” cetus Butong.
 
Pemerataan Tenaga Pengajar di Medan Harus Dilakukan
 
Selain itu kata Surianto asal dapil V ini, PJ Walikota Medan supaya segera melakukan pemerataan tenaga pengajar di Medan sesuai yang diwacanakan selama ini. Hal tersebut dinilai penting guna pemerataan tenaga pengajar yang ahli dan berpengalaman tidak menumpuk disuatu tempat (sekolah).
 
Sehingga ke depan tidak ada lagi sekolah favorit dan tidak karena seluruh sekolah sudah diisi guru yang berprestasi dan berpengalaman. (LR)  
 

Subscribe

MEDIA REALITAS