50619 KALI DIBACA

Diperiksa Kejagung 6 Jam, Wagub Sumut Dicecar 19 Pertanyaan

Diperiksa Kejagung 6 Jam, Wagub Sumut Dicecar 19 Pertanyaan

Jakarta | mediarealitas

Jaksa penyidik tindak pidana khusus Kejaksaan Agung (Kejagung) mencecar Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi sebanyak 19 pertanyaan. Erry diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi dana bansos di Sumut.

“Ada 19 pertanyaan terkait bansos 2011, 2012 dan 2013. Ditanya kapan saya bertugas. Saya bertugas Juni 2013. Tapi karena saya sebagai wagub salah satu tugasnya adalah bidang pengawasan. Temuan sebelum saya masuk kan sudah ada temuan yang saya sampaikan tadi. Banyak penerima yang belum memberikan LPJ,” kata Erry saat keluar dari ruang pemeriksaan di Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Rabu (5/8/2015).

Erry menyebut ada sekitar 233 lembaga penerima dana bansos. Dia mengatakan nantinya penerima itu akan diperiksa juga mengenai apakah benar ada lembaganya atau fiktif.

“Penerimanya sekitar 233 kalau nggak salah. Bukan saya yang suratin. Itu SKPD, yang akan diperiksa ya penerima-penerimanya. Lembaganya ada atau jadi-jadian kan bisa juga kan. Sesuai penyidik,” ujarnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Widyo Pramono menyebut pemeriksaan itu untuk menelusuri duduk perkara kasus tersebut.

“Yang jelas, penyidik berusaha maksimal untuk mencari duduk perkara yang kuat,” kata Widyo di kantornya, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Rabu (5/8/2015).

Namun Widyo menyebut sampai sekarang belum ada tersangka yang ditetapkan. Widyo mengaku pihaknya sangat berhati-hati dalam nantinya menentukan tersangka. “Nanti bila saatnya kita akan explore, manakala nanti menetapkan seseorang sebagai tersangka,” ujar Widyo.(dtk)

Subscribe

MEDIA REALITAS