67419 KALI DIBACA

Dinas PK Abdya Berbenah, Kualitas SDM Guru Perlu Ditingkatkan

Dinas PK Abdya Berbenah, Kualitas SDM Guru Perlu Ditingkatkan
PLT Kadis PK Abdya Jauhari,S.Pd

example banner

Blangpidie I Realitas – Kualitas sumber daya manusia (SDM) guru di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas PK) Kabupaten Aceh Barat Daya (ABDYA) perlu ditingkatkan.

Pasalnya, guru merupakan ujung tombak dalam mengajar, membina, mendidik dalam melahirkan generasi penerus yang mampu membangun daerah.

PLT Kadis PK Abdya, Jauhari, S.Pd Senin (12/2/2018) mengatakan, dinas wajib menggenjot SDM melalui berbagai kegiatan pelatihan dengan harapan mutu dan kualitas pendidikan di Abdya semakin membaik , Selain itu prestasi anak juga harus meningkat , baik prestasi akademik maupun non akademik.

“Abdya peringkat ke-23 ujian nasional (UN) se-Aceh , Kedepan kita akan tingkatkan mutu dan kualitas pendidikan anak agar peringkat itu bisa berubah,”Ungkapnya. 

Menurut Jauhari , mutu pendidikan tidak akan lepas dari peran utama guru yang berkualitas dan profesional , Sebenarnya tugas guru itu sangat berat dan banyak permasalahan yang dihadapi.

Tentunya guru harus paham atas tindakan kelas yang baik dan benar , Karena tugas guru itu bukan semata – mata hanya mengajar di sekolah, namun guru juga harus mampu mengubah karakter anak ke arah yang lebih baik.

“Semua orang bisa mengajar , namun tidak semua orang mampu mendidik untuk merubah pola pikir anak menjadi lebih baik serta memiliki keunggulan tersendiri,”Terangnya.

Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam pendidikan , Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru , Oleh karena itu , guru perlu meningkatkan kompetensinya seperti tercantum dalam Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Ada empat kompetensi yang harus dipenuhi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial.

Peningkatkan sarana belajar mengajar juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kompetensi guru , Bukan pemandangan aneh bila guru menggunakan perlengkapan multimedia dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Hal ini akan meningkatkan kompetensi profesional guru yang akan berimbas positif terhadap peningkatakan kualitas peserta didik.

“Saya berharap dukungan dari semua pihak baik guru hingga orang tua , Semoga saja ke depan harapan kita semua untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Abdya dapat terwujud,”Demikian harapnya.(SYAHRIZAL) 

Subscribe

MEDIA REALITAS