163419 KALI DIBACA

Dayah/Pesantren Darul Qur’an Labuhanhaji Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Dayah/Pesantren Darul Qur’an Labuhanhaji Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW
Poto satu merupakan salah seorang santri sedang melakukan perlobaan.

Tapaktuan-Media Realitas: Dayah/Pesanteren Darul Qur’an Pawoh Kecamatan Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan dirangkai dengan berbagai macam perlombaan.

Menurut keterangan Pimpinan Dayah/Pesanteren Darul Qur’an Kecamatan Labuhanhaji, Abah Said Fairus Satar, S.Ag dihubungi Media Realitas onlene, Sabtu (9/12/2017) pukul 15.00 WIB, mengatakan untuk memeriahkan memperingati maulid nabi besar itu, kita semarakkan dengan bermacam perlombaan yang berkaitan dengan kegiatan.

Dalam hal perlobaan tersebut, seperti perlombaan MTQ tingkat anak-anak putra/putri, Tartil Pa/Pi, Hafiz Quran dari satu juz, dua dan lima juz Pa/Pi, lomba pidati Pa/Pi, lomba kitab kuning Pa/Pi, lomba Taman Pengajian Anak (TPA) Darur Qur’an.

Kemudian juga kita lombakan bagi juara-juara kelas semister pertama dalam pesantren Darul Qur’an.

Photo dua merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Darul Qur’an Pawoh Kecamatan Labuhanhaji, Abah Said Fairus Satar, S.Ag.

Abah Said Fairus Satar melanjutkan, dalam perlombaan ini yang diikuti dengan peserta sebanyak 205 santri dari 257 santri yang ada di pesantren Darul Qur’an.

Dengan jumlah santri sebanyak 250 orang yang tergabung putra dan putri berasal dari Labuhanhaji Raya, yakni Kecamatan Labuhanhaji, Labuhanhaji Barat dan Labuhanhaji Timur.

Kemudian ada juga santri berasal dari, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Kota Madya Banda Aceh, dan Kabupaten Aceh Singkil.

Tambahnya lagi, pesantren ini berdiri sejak tahun 2014 hingga sekarang tahun 2017, masih eksis melakukan kegiatan belajar ilmu Agama Islam. Dan didayah ini telah ada memondok atau tinggal langsung di sini (komplek pesantren-red).

Cuma yang agak kesulitan sedikit, karena tempat pemondokan masih minin, sementara yang berminat cukup tinggi. Ia mengharapkan kepada pihak Pemerintah setempat melalui dinas tergait maupun dermawan lain, bisa membantu atau uluran tangan para termawan, ucapnya.

Abah Fairus juga menyampaikan, acara tersebut pada hari puncaknya berlangsung Sabtu (9/11/2017) malam Minggu, yang dihadiri Pimpinan Tauhid Tasawoh Se-Asia Tenggara, dalam hal itu juga pimpinan Pondok Pesantren Darul Ikhsan Labuhanhaji, yaitu Abuya H. Amran Waly Al-Khalidy.

Sehabis pengupasan maulid Nabi Besar Muhammad SAW disampaikan langsing Abuya H. Amran Waly Al-Khalidy dan seterusnya ditutup dengan Zikir bersama yaitu Zikir Seribee (Zikir Seribu).

Acara itu selain dihadiri Abuya H. Amran Waly, ratusan wali satri juga dihadiri unsur Muspika Labuhanhaji, tokoh ulama, masyarakat maupun undangan lainnya.

Acara memperingati seperti ini kita lakukan setiap tahun sejak mulai berdirinya pesantren ini hingga sekarang. Mudah-mudahan kegiatan ini kita bermohan kepada Allah SWT terus berkelanjutan dan santri bisa bersemangat dalam menuntut ilmu Agama Islam yang kita cintai ini. Amin…amin, yarabbal alamain.(MR. ZULMAS)

Subscribe

MEDIA REALITAS