5619 KALI DIBACA

Bareskrim Polri Berhasil Identifikasi Suara Pelaku Penyebar Hoaks 7 Kontainer Lewat Metode Audio Forensik

Bareskrim Polri Berhasil Identifikasi Suara Pelaku Penyebar Hoaks 7 Kontainer Lewat Metode Audio Forensik

example banner

Jakarta | Realitas – Suara tersangka penyebar hoaks 7 kontainer berisi surat suara tercoblos, berhasil diidentifikasi dengan metode audio forensik.

Suara yang videonya viral tersebut dikenali dan diidentifikasi sebagai suara Bagus Bawana Putra, kata Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Rachmad Wibowo.

“Kami bisa mendeteksi, suara berasal tersangka Bagus Bawana Putra, Kami bisa mendeteksi di beberapa platform medsos, dan setelah viral menutup akun, membuang handphone, dan kartunya, semua barang bukti tersebut kami temukan tanggal 7 januari, di Sragen,” kata Brigjen Pol Rachmad saat konferensi pers di Bareskrim Mabes Polri, Rabu (9/1/2019).

Kapuslabfor Polri Kombes Pol M Nuh Al-Azhar menjelaskan, dengan metode audio forensik, suara yang viral di media sosial tersebut dapat terdeteksi.

“Salah satu metode yang digunakan audio forensik. Kita coba apakah suara dari Bagus Bawana Putra, tingkat kesamaan suara Bagus dan dengan suara perbanding (sama), jadi sangat kuat mendukung identik suara milik tersangka,” jelas Kombes Pol M Nuh.

Pihaknya juga mendapatkkan suara dengan audioregma rasio.

“Jadi kalau kurang 10 detik, kita tidak bisa lacak, minimal 10 detik, kita bisa dapatkan sidik jari suara,” tambah Kombes Pol M Nuh.

Sebelumnya, polisi telah menangkap Bagus Bawana Putra setelah sempat melarikan diri ke Sragen, Jawa Tengah.

Bagus diduga membuat voice chat soal 7 kontainer tersebut hingga akhirnya menyebar.

Selain Bagus, polisi juga telah menangkap ada dua tersangka lainnya. Mereka, yakni LS yang ditangkap di Bogor, Jawa Barat dan HY ditangkap di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Mereka ditangkap karena menyebarkan berita bohong tanpa dicek lagi. (H A Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS