35419 KALI DIBACA

Angin Kencang Melanda Abdya, Warga Diminta Waspada

Angin Kencang Melanda Abdya, Warga Diminta Waspada

Blangpidie | Realitas – Angin kencang disertai hujan deras dalam dua hari terakhir melanda wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) setempat meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan selama angin itu belum reda. 

Pasalnya, tiga unit rumah warga di tiga lokasi berbeda di Kabupaten Abdya pada Senin (18/6/2018) kemarin mengalami rusak parah dengan atap diterpa angin. Bahkan ada rumah warga yang tertimpa pohon pinang.

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin Selasa (19/6/2018) menyebutkan, tiga unit rumah yang terkena terpaan angin kencang tersebut yakni rumah milik Karman di Desa Bineh Krueng, Kecamatan Tangan-Tangan, rumah milik M Adam di Desa Rubek Meupayong, Kecamatan Susoh dan ruma milik Arman di Desa Lhueng Tarok,  Kecamatan Blangpidie.

Ketiga rumah dimaksud rumah parah setelah dihantam angin kecang disertai hujan deras pada Senin (18/6/2018) siang. Kerusakan yang dialami lumayan parah, yakni pada bagian atas yang membuat atap rumah beterbangan.

“Kami bersama dengan paka Wakil Bupati telah turun langsung ke lapangan guna meninjau kondisi rumah warga. Kondisinya sangat memperihatinkan.

Bantuan masa panik segera ditangani Dinas Sosial, sementara untuk bantuan perbaikan rumah akan kami usulkan dulu kepada pimpinan,” terangnya.

Kata Amir, hembusan angin tidak berlangsung lama, diperkirakan hanya puluhan menit.  Tapi,  dalam waktu singkat itu, mampu merusak rumah serta menumbangkan sejumlah pohon, yang berada dekat dengan ruas jalan maupun yang dekat dengan pemukiman warga.

Menurutnya, kondisi cuaca yang kurang bersahabat ini kemungkinan akan terus melanda Abdya.

Akan hal itu, pihaknya mengingatkan seluruh warga untuk tetap waspada dengan cuaca yang tergolong ekstrem tersebut.

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan dari musibah angin kencang itu. Namun kerugian yang dialami masyarakat yang menjadi korban mencapai ratusan juta rupiah, karena bagunan rumah warga yang rusak parah.

Jika terjadi secara terus menerus, dikhawatirkan akan banyak kerusakan rumah warga hingga fasilitas umum lainnya karena pepohonan yang tumbang akibat terpaan angin.

Lain halnya dengan tingginya intensitas hujan yang mengguyur bersamaan dengan angin kencang, yang kemungkinan besar dapat mengkibatkan luapan sungai serta membentuk genangan air hingga merendam pemukiman warga.

Warga yang rumahnya berdekatan dengan pohon besar agar segera dipotong untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Antisipasi itu perlu, sebab cuaca seperti ini tidak bisa ditebak kapan akan terjadi, kadang siang hari bahkan tengah malam.

Sehingga perlu kewaspadaan dari masyarakat,” imbuhnya. (Syahrizal)

Subscribe

MEDIA REALITAS