16419 KALI DIBACA

Abrasi Sungai Krueng Nagan, Ancam Jembatan Gantung Putus Warga Harap Segera Tangani

Abrasi Sungai Krueng Nagan, Ancam Jembatan Gantung Putus  Warga Harap Segera Tangani

Nagan Raya | Realitas – Abrasi Sungai di Desa Pulo Ie mengancam jembatan putus sebab jembatan yang menghubungkan tiga dusun, dalam hal ini Warga mengeluh jembatan gantung Desa Pulo Ie Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Senin (3/12/2018).

Pondasi Abutmen penopang jembatan tersebut sudah terkikis lantaran abrasi yang terus meluas.

 

Warga mengaku, kondisi tersebut sudah terjadi sejak setahun terakhir.

Masyarakat mengaku khawatir, jika tidak segera dilakukan penanggulangan kondisinya kian parah dan berdampak negatif jika sampai jembatan tersebut rusak dan tidak dapat digunakan.

Dalam hal ini, Anggota DPRK Nagan Raya T.Cut Man SE meninjau langsung kondisi jembatan tersebut guna memastikan kondisi jembatan.

“Jika jembatan rusak atau putus akan berdampak terhadap warga Desa Dusun Blang Baro, Ujong Sekuneng, Puo Ie, Padang Rubek dan Blang Muko yang menggunakan jembatan itu,” ujar Cut Man.

Cut Man juga menekankan, agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) segera mengucurkan dana untuk menangani persoalan jembatan itu.

Menurut Cut Man, setidaknya dibutuhkan dana Rp 70 juta untuk penanganan darurat agar abrasi tidak meluas dan berdampak pada pondasi jembatan.

Kades setempat Said Kamarudin yang didampingi Ketua Pemuda, dan Tuha Peut berharap pemerintah dapat merespon keluhan masyarakat.

“Jembatan gantung ini selain digunakan untuk akses jalan bagi masyarakat juga digunakan bagi pelajar.

Sebab, ada Sekolah Dasar diseberang sana,” kata Kades kepada wartawan.

Sementara Kepala BPBD Nagan Raya Hamidi SE menjelaskan, terkait Abrasi di Pulo Ie pihatnya akan menurunkan tim kelokasi guna mengecek apabila nanti di butuhkan, segera kita minta kepada warga atau Kades untuk membuat permohonan agar dapat di tangani.

Karena sampai saat ini tidak ada laporan dari warga desa Pulo Ie terkait abrasi tersebut. (MJ/iqbal)

Subscribe

MEDIA REALITAS