64219 KALI DIBACA

42 Kasus Lakalantas 2017 Di Aceh Selatan, 39 Meninggal Dunia

42 Kasus Lakalantas 2017 Di Aceh Selatan, 39 Meninggal Dunia
Kasat Lantas Polres Aceh Selatan AKP Wiet Dasmara.

ACEH SELATAN-MEDIA REALITAS:Sedikitnya 39 jiwa jumlah korban yang meninggal dunia (MD) dari 42 kasus akibat kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah hukum Polres Aceh Selatan di sepanjang tahun 2017.

Demikian diungkap Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono,ST melalui kepala satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) AKP. Wiet Dasmara kepada madia ini seusai mengawal kedatangan jenazah Abu Daud Tepin Gajah salah seorang ulama kharismatik Aceh Selatan khususnya dan Aceh pada umumnya dari Kuala Lumpur Malaysia.

“Jumlah korban mengalami luka berat sebanyak 18 jiwa dan luka ringan 31 jiwa dengan kerugian material sebanyak 242 ribu rupiah lebih,” ujarnya, Minggu (14/1/2018).

Menurutnya, jumlah kasus tahun 2017 menurun bila dibanding dengan tahun 2016 yang berjumlah 57 kasus, begitu juga dengan korban yang mengalami luka berat dan ringan termasuk kerugian material yang turun 50 persen atau sebesar 520 ribu rupiah lebih di tahun 2016.

Penurunan angka kecelakaan lalulintas ini kata mantan Kasat Bimas Polres Aceh Selatan, membuktikan telah meningkatnya kesadaran masyarakat Kabupaten Aceh Selatan dalam berlalu lintas yang baik dan benar.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa ini hasil kepolisian yang aktif turun baik melalui operasi-operasi secara persuasive dan pendekatan kepada masyarakat serta turun ke sekolah-sekolah guna mensosialisasikan berkendaraan yang baik dan benar,” terangnya.

Terkait dengan proses Pilkada Aceh Selatan tahun 2018 Polres Aceh Selatan menghimbau masyarakat dalam mobilisasi dapat menggunakan kenderaan yang aman dan jauh dari bahaya sekaligus meminta para pendukung kandidat tidak merubah warna kenderaan dari aslinya, apalagi menggunakan lampu rotator warna biru yang merupakan warnanya polisi lantas tidak dibenarkan.

Pihaknya juga mengaku akan mengambil tindakan tegas terhadap kenderaan roda dua yang menggunakan knalpot tidak standar sehingga membuat kebisingan. Karena masa tindakan persuasive sudah lewat.

Terkait surat tilang tambah Kasat Lantas AKP Wiet Dasmara menyebutkan tahun 2017 Polres Aceh Selatan telah mengeluarkan sebanyak 3.285 set dan terbanyak pada bulan Mei sejumlah 657 dan cenderung menurun pada bulan-bulan berikutnya. “Perolehan denda vonis dari pengeluaran surat tilang senilai Rp. 140 juta lebih,” pungkasnya.(MR.ZULMAS).

Subscribe

MEDIA REALITAS