49019 KALI DIBACA

33 Ribu Bungkus Rokok Tanpa Cukai Diamankan di Riau

33 Ribu Bungkus Rokok Tanpa Cukai Diamankan di Riau

example banner

Pekanbaru | Media Realitas – Polda Riau mengamankan rokok tanpa cukai sebanyak 33 ribu bungkus yang diangkut truk ekspedisi yang menangkut sepeda motor. Dua orang sopir truk kini lagi dimintai keterangan lebih lanjut.

Demikian disampaikan, Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Riau, AKBP M Hasyim dalam jumpa pers, Senin (18/12/2017) di Pekanbaru. Hasyim menjelaskan, modus membawa rokok tanpa cukai ini tergolong baru.

“Ini memang modus baru, kalau rokok tanpa cukai ini diangkat dengan truk yang bermuatan sepeda motor. Sekilas memang tidak terlihat perbedaan rokok dalam dus tersebut dengan dus yang berisikan helm yang ada di truk tersebut,” kata Hasyim.

Masih menurut Hasyim, pihaknya kini mengamankan dua sopir truk yang membawa rokok tanpa cukai. Truk ini awalnya membawa sepeda motor dari Jakarta tujuan ke Medan.

Dalam perjalanan sampai di Kec Keritang Kab Indragiri Hilir (Inhil) Riau, truk ini berhenti. Di sana, sopir truk inisial AS ditelepon pemilik rokok inisial G untuk membawakan rokok tersebut dengan tujuan Kab Rokan Hilir (Rohil).

“Sopir inisial AS lantas mengajak temanya yang juga ngangkut motor untuk membawakan rokok tersebut. Masing-masing truk itu berisikan masing-masing 21 dus rokok. Mereka diupah untuk membawakan dari Kab Inhil ke Rohil hanya Rp 850 ribu,” kata Hasyim.

Kedua truk tersebut ditangkap pada Sabtu (17/12) malam. Ini berdasarkan informasi dari masyarakat.

“Begitu dapat informasi langsung kita lacak keberadaan kedua truk tersebut. Akhirnya ditangkap di Pelalawan,” kata Hasyim.

Dari pengakuan sopir inisial AS, rokok tersebut milik warga Kec Kritang inisial G. Sebab, sopir AS ternyata sebelumnya sudah pernah lolos bawa rokok yang dititipkan G kepadanya.

“Tim saat ini tengah melacak keberadaan G selaku pemilik. Kedua sopir ini hanya dipakai sebagai jasa angkut saja,” kata Hasyim

Pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan pihak Bea dan Cukai di Pekanbaru. Ini karena terkait rokok tanpa cukai.

“Untuk sementara dalam kasus ini terkait persoalan cukai sesuai dengan pasal 54 56 UU Cukai No 39 tahun 2007. Rokok tanpa cukai tersebut diperkirakan dibawa dari Batam masuk wilayah Inhil yang akan dikirim ke Rohil. Barang bukti dan dua sopir akan kita serahkan ke Bea dan Cukai Pekanbaru,” tutup Hasyim. (red)

Subscribe

MEDIA REALITAS