52219 KALI DIBACA

30 Calon KIP Abdya Ikut Tes Baca Al-Qur’an, 10 Calon Gugur Tes Tulis

30 Calon KIP Abdya Ikut Tes Baca Al-Qur’an, 10 Calon Gugur Tes Tulis
Foto: Realitas/Syahrizal Salah satu peserta Calon Anggota KIP Abdya mengikuti tes baca Al-Qur’an di Gedung DPRK Abdya, Rabu (30/5/2018).

Blangpidie | Realitas – Hasil Seleksi Tes Tulis yang diikuti 40 peserta Calon Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya) masa jabatan 2018-2023, menyisakan 30 peserta yang melaju ke tiga tahap selanjutnya yakni tes Baca Al-Qur’an, Psikotes dan Wawancara yang berlansung di Gedung DPRK Abdya.

Sementara, 10 peserta lainnya tereliminasi (gugur) setalah Tim Independen Penjaringan dan Penyaringan Calon Anggota KIP Abdya, mengumumkan hasil tes tulis pada tanggal 22 Mei 2018 lalu.

Sekretaris Tim Independen Penjaringan dan Penyaringan, Hamdi SHI kepada wartawan, Rabu (30/5/2018) menyebutkan, tes baca Al-Qur’an berlangsung hari ini (30/5/2018).

Selanjutnya, 30 peserta yang lulus tes tulis itu, akan mengikuti Psikotes pada tanggal 31 Mei 2018 dan tes wawancara pada tanggal 4-5 Mei 2018 mendatang.

“Setelah kita lakukan seleksi tes tulis, hanya 30 peserta yang tersisa. 10 peserta lainnya dinyatakan gugur.

Pengumuman sudah kita tempel pada tanggal 22 Mei 2018 lalu di gedung DPRK Abdya,” sebutnya.

Dikatakan Hamdi, dalam tes baca Al-Quran ini, pihaknya menghadirkan tim penguji dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Abdya.

Diantaranya, Ustadz Yulisman SAg, Ustadz Aufa Sahputra LC MA, Ustadz Junaidi SPd dan Ustadz Sulaiman.

“Mereka kita undang untuk menilai para peserta calon anggota KIP tentang Makhrajul Huruf, Tajwid dan Adap dalam membaca Al-Quran,” ungkapnya.

Setelah ketiga tahap tes dilalui oleh para peserta, hasilnya akan diumukan pada tanggal 7 Juni 2018 mendatang.

Dimana, Tim Independen Penjaringan dan Penyaringan akan menyisakan sebanyak 15 peserta calon anggota KIP.

“Sampai disinilah tugas Tim Independen Penjaringan dan Penyaringan. 15 peserta yang lulus itu akan diserahkan ke Komisi A DPRK Abdya,” lanjut Hamdi.

Lebih lanjut, Hamdi mengatakan, 15 calon anggota KIP Abdya yang tersisa akan diseleksi kembali oleh Komisi A DPRK hingga menyisahkan 5 komisioner yang lulus dan 5 lulus cadangan.

Seleksi yang akan dilaksanakan berupa tes akhir dan wawancara.

“Tentunya Komisi A punya kriteria nilai yang akan diberikan kepada 15 peserta calon anggota KIP Abdya tersebut.

Hasilnya, akan diumumkan sebelum masa tugas Komisioner KIP Abdya yang sekarang berakhir,” demikian sebutnya.

Amatan dilapangan, dari 30 peserta tersebut, tampak beberapa anggota KIP aktif saat ini juga mengikuti tes Baca Al-Qur’an, seperti Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH, anggota Muhammad Zikri dan Fachrul Razi.

Disamping itu, juga ada mantan Ketua Panwaslih Abdya, Idris Shi termasuk Ismail IB SE yang juga mantan anggota Panwaslih Abdya. (Syahrizal)

Subscribe

MEDIA REALITAS