58319 KALI DIBACA

Parlaungan Simangunsong : Progam Gagal, Tak Didukung SKPD
 
Medan | mediarealitas
DPRD Medan yang tergabung dalam panitia khusus (Pansus) pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota Medan 2011-2015 menilai kinerja Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin selama 5 Tahun banyak yang gagal. Bahkan program visi dan misi menjadikan kota Medan sebagai kota Metropolitan, aman dan sejahterah tidak didukung Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Medan.
 
“Kita kesal dengan kinerja SKPD Pemko Medan yang tak mampu mengimplementasikan visi dan misi Dzulmi Eldin. Dalam LKPJ cukup bagus, tapi fakta di lapangan sangat berbeda. Medan menuju kota Metropolitan dan kota yang aman tidak tercapai. Saat ini tindak kejahatan marak dimana mana,” beber anggota pansus Parlaungan Simangunsong, saat rapat pembahasan LKPJ masa akhir Walikota Medan yang dihadiri Kepala Bappeda kota Medan Zulkarnain, Kamis (18/6).
 
Menurut Parlaungan Simangunsong, kemiskinan dan perampokan saat ini sangat menghantui kehidupan masyarakat Medan. Begitu juga masalah infrastruktur dan kebersihan yang masih buruk. Sehingga kondisi banjir kerap menimpa masyarakat Medan. “Memang Kota Medan selalu mendapat piala adipura, tapi mungkin itu karena rekayasa,” sambung politisi Demokrat ini.
 
Untuk itu, Parlaungan mengharapkan agar pansus dapat merekomendasikan kepada pemimpin Pemko Medan ke depan, bagi SKPD yang kinerjanya buruk supaya segera dievaluasi. “SKPD yang terbukti lalai dalam tugas supaya diganti,” ujar Parlaungan.
 
Kritik yang sama juga disampaikan anggota pansus Ahmad Arif, menurutnya, LKPJ terkait pertumbuhan ekonomi mencapai 7, 3 % dinilai terlau dibesar-besarkan. Terbukti, infrastruktur pembangunan di kota Medan masih buruk. Pada hal menurut Arif, salah satu indikator pembangunan ekonomi suatu daerah meningkat dan baik apabila pembangunan jalan bertambah dan bagus.
 
Sama halnya dengan kepedulian Pemko Medan terhadap pelestarian terhadap nilai bangunan tua dan bangunan bersejarah yang masih minim. Pemko Medan terbukti kurang menjaga kelestarian warisan sejarah. Bahkan hingga saat ini Pemko Medan belum memiliki maskot Kota Medan.
 
Sedangkan anggota pansus lainnya Maruli Tua Tarigan menilai LKPJ Walikota Medan sangat normatif . Maruli Tua menilai belum terlihat perkembangan pembangunan yang signifiksan sesuai visi dan misi terdahulu. “Kota yang berkembang itu harus ada revolusi pembangunan, “ ujar Maruli Tua.
            
Rapat pansus LKPJ ini dipimpin Ketua pansus Landen Marbun SHdan dihadiri anggota lainnya, Hj Hamidah, Andi Lumbangaol, T Eswin, Surianto, M Nasir, Zulkifli Lubis, Umi Kalsum dan Waginto. Sementara dari pemko Medan dihadiri Kepala Bappeda Zulkarnaen dan Badan Pengelola Keuangan Daerah Pemko Medan Iwan Ritonga. (LR)  

Subscribe

MEDIA REALITAS