12319 KALI DIBACA

PDIP Cek Ideologi Calon untuk Diusung di Pilkada 2020

PDIP Cek Ideologi Calon untuk Diusung di Pilkada 2020
example banner

Jakarta I Realitas – PDIP mengatakan tak akan merekrut tokoh dari partai lain untuk dicalonkan pada Pilkada 2020. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan merekrut calon dari jalur intelektual dan kepala daerah.

 

“Untuk kami wajib tiap calon kami dorong, beliau kami rekrut dari jalur intelektual, cendekiawan dan jalur kepala daerah. Jadi kami bukan rekrut dari kader-kader partai lain seperti itu,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam diskusi di DPP PDIP Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (5/8/2019).

 

Lebih lanjut Ketua DPP PDIP Bambang DH menjelaskan proses perekrutan terhadap calon kepala daerah. Setiap tokoh yang akan mereka usung akan dilihat ideologinya terlebih dulu.

 

“Kalau kepala daerah kita akan lakukan fit and proper test, apa saja itu. Seorang calon pasti kita cek ideologinya, jangan sampai kader yang direkrut persoalan ideologi masih ganjaran,” kata Bambang.

 

Hal lain yang akan jadi pertimbangan yakni soal pemahaman calon kepala daerah terhadap wilayah. Calon kepala daerah yang ingin diusung oleh PDIPjuga harus berkomitmen pada konstitusi.

“Yang kedua kita selalu cek apakah seseorang kepala daerah memahami wilayah yang akan dipimpin. Akan sangat naif kalau kepala daerah persoalan wilayahnya saja tidak tahu, potensi wilayahnya tidak tahu,” ujarnya.

 

“Yang ketiga komitmen terhadap konstitusi terhadap ideologi,” imbuhnya.

(Dtc/Red/Irfan)

 

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS