35719 KALI DIBACA

Sering Di Hambat Perolehan Informasi Publik, GMPK Tuding PPID Aceh Timur Dangkal Pemahaman UU

Sering Di Hambat Perolehan Informasi Publik, GMPK Tuding PPID Aceh Timur Dangkal Pemahaman UU
example banner

Aceh Timur I Realitas – Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) DPD Aceh Timur mendesak Kepala dinas untuk lebih transparan dalam informasi, khususnya informasi menyangkut anggaran

Hal ini di sampaikan oleh Khaidir selaku ketua DPD GMPK Aceh Timur yang sulitnya memperolah Informasi Laporan pertanggung jawaban yang di kelola oleh setiap Dinas di aceh timur.

Khaidir menjelaskan, setiap informasi yang di mintai selalu berbenturan dengan peraturan lain terhadap keabsahan LSMnya yang tidak terdaftar pada Kesbangpolinmas.

“Kita sudah sering meminta informasi terhadap dinas-dinas yang ada di aceh timur, namun mental di lelalitas kami, karna alasan dari pihak PPID kami tidak terdaftar pada kesbangpolinmas” ungkapnya kepada awak media, Kamis (23/07)

Khairdir juga menilai, pemahaman PPID Aceh Timur dalam memahami UU No 14 Tahun 2008 terlalu dangkal, sehingga banyak hal yang terhambat dalam pelaksanaaan UU tersebut.

” Kita mulai curiga dengan pemahaman PPID Aceh Timur, terkesan menghambat dengan membenturkan peraturan lain ” tambahnya

Khaidir menjelaskan, didalam Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menjelaskan “Setiap Orang berhak memperoleh Informasi Publik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini”.

“Pahami dari kata setiap orang, yang di bolehkan oleh undang-undang untuk menghakses informasi namun hal ini di hambat oleh pihak PPID Aceh Timur. hal inilah kita menduga, adanya pemahaman yang dangkal terhadap UU tersebut” tambahnyan lagi

Khaidir mengharap, agar Pemerintah dalam hal ini bupati dapat mengevaluasi kinirja dari dari dari PPID Aceh Timur, apabila perlu diberikan pelatihan khusus kepada Pihak PPID dalam mengkajin Undang-Undang Tersebut.

” Kita mengharap, agar Bupati dapat mengevaluasi kinirja PPID, kalau perlu berikan pelatihan khusus agar hal seperti ini tidak terulang kembalai. Tutupnya.(H a Muthallib)

example banner

Subscribe

MEDIA REALITAS