Kedua Putra Presiden Jokowi Memasuki Ranah Dunia Politik

oleh -170.579 views

Jakarta,I Realitas -kedua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep  memasuki ranah dunia politik dalam bursa pemilihan Walikota Solo untuk Pilkada 2020. hal ini mendapat tanggapan dari Sekretaris Jendral PDI Perjuangan  Hasto Kristiyanto. Menurut Hasto, semua nama yang mungkin memiliki elektabilitas untuk diusung dalam Pilkada 2020 mendatang akan dibahas dalam Kongres PDI Perjuangan yang rencananya digelar 8 hingga 11 Agustus. “Pilkada kan 2020, nanti kami akan bahas dalam kongres,” kata Hasto ditemui usai pertemuan dengan para sekjen eks Koalisi Indonesia Kerja (KIK) di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019) malam.

Hasto menjelaskan, PDIP punya mekanisme khusus untuk menjaring dan menyeleksi nama-nama potensial untuk maju dalam Pilkada maupun Pemilu. Pemetaan politik pun kata dia dilakukan agar calon yang dipilih bukan hanya memiliki aspek keterkenalan tapi benar-benar memiliki kredibilitas dalam memimpin.Tak hanya itu, pihaknya juga menjaring usulan dari berbagai pihak misal dari DPC. Jika calon sudah terjaring maka akan dilakukan sejumlah tes dan wawacanra, hingga survei di lapangan. “Setelah itu kami lakukan sekolah partai. Prinsipnya Pilkada jadi momen bagi PDIP untuk memperkuat mekanisme institusionalisasi kelembagaan dalam menghasilkan pemimpin yang baik,” katanya.

Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025.Hal itu berdasarkan survei calon wali kota Solo yang dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. “Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan,” kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Suwardi di Solo, seperti dikutip Antara Kamis, (25/7/2019). Jokowi sendiri mengaku sudah mengetahui hasil survei yang menempatkan putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025.

BACA JUGA :   Indonesia-China Sepakat Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Jokowi mengatakan sebagai orang tua akan mendukung jika kedua putranya memutuskan terjun ke dunia politik dan maju sebagai calon wali kota Solo 2020-2025.”Orang tua tuh bisanya hanya itu (mendukung). Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apapun (termasuk terjun ke dunia politik). Jualan pisang saya dukung jualan martabak saya dukung,” kata Jokowi di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat. (Cino/Red/Ema)